Sistem Pembayaran Seller di Shopee

Ide Jualan – Selain sebagai perantara antara pembeli dan penjual, Shopee juga dapat menjadi media pemasaran atau penjualan produk. Namun sebelum berjualan, ada baiknya Anda memahami tata cara transaksi seperti pembelian, pembayaran, maupun transaksi lainnya. Terkait system pembayaran di Shopee, proses pembayaran atau transaksi didahului dengan transaksi pembelian produk oleh pembeli yang kemudian melakukan pembayaran oleh pembeli dengan cara mentransfer sejumlah uang ke rekening Shopee, sehingga uang yang dibayarkan oleh pembeli tidak langsung diterima oleh penjual, sebelum barang diterima.

Pembeli harus melakukan pembayaran dengan jumlah yang sesuai dengan jumlah produk yang dibeli. Pembeli juga dapat memanfaatkan promo gratis ongkir bila ada, sehingga pembeli hanya perlu mentransfer uang sesuai dengan harga produk saja. Namun, apabila tidak memiliki promo ongkir, pembayaran yang dilakukan pembeli adalah total dari ongkir ditambah harga sejumlah produk yang dibeli.  Penjual akan mengirimkan produk yang dipesan ke alamat yang sesuai jika pembeli sudah melakukan pembayaran, dan pengiriman dilakukan menggunakan kurir yang telah ditentukan.

Selama pesanan dalam masa pengiriman, penjual harus menunggu hingga barang yang dipesan, diterima oleh pembeli. Setelah pembeli melakukan konfirmasi bahwa barang yang dipesannya sudah diterimanya, maka uang pembayaran akan pindah ke penjual, yaitu uang dari Shopee akan masuk ke Dompet Shopee atau ShopeePay penjual yang dapat kapanpun dicairkan dengan cara ditransfer ke rekening penjual.

Jika Anda sebagai penjual ingin menarik uang hasil penjualan produk, maka Anda dapat mengikuti langkah-langkahnya berikut ini :

Anda terlebih dahulu akan diminta untuk melengkapi identitas untuk dapat menarik dana dari ShopeePay, dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Pastikan anda sudah login

2. Pilih menu ShopeePay

3. Pilih pengaturan disudut kanan layar

4. Pilih Verifikasi KTP/KITAS

Anda bakal memperoleh lebih banyak fitur ShopeePay jika mendaftarkan identitas, diantaranya :

1. Meningkatkan batas saldo Rp. 10.000.000

2. Melakukan penarikan ke rekening ShopeePay Anda

Identitas yang Anda isi akan diverifikasi (diperiksa data dan kelengkapan identitas yang anda upload) yang masa prosesnya maksimal 5 x 24 jam (hari kerja), dan jika selesai maka pihak ShopeePay akan memberikan pemberitahuan kepada anda. Jika data identitas tidak sesuai, maka identitas yang anda upload akan di reject oleh pihak Shopee, namun anda dapat memperbarui dan kembali mengupload identitas anda.

Jika proses verifikasi identitas selesai dan diterima, anda bisa lanjut untuk melakukan penarikan dana. Sebelum melakukan penarikan, anda harus lengkapi dahulu data rekening bank untuk proses pencairannya dengan langkah berikut ini :

1. Pilih menu “saya”  dan klik menu ShopeePay

2. Pilih menu pengaturan disudut kanan atas

3. Pilih Rekening Bank untuk ShopeePay

4. Pilih “Tambah Rekening Baru”

5. Input kode OTP yang dikirimkan ke nomor ponsel yang terdaftar

6. Input nama, data bank dan nomor rekening

7. Tunggu verifikasi rekening bank oleh sistem maksimal 2 x 24 jam (hari kerja).

Setelah system berhasil memverifikasi rekening anda, maka anda sudah bisa melakukan penarikan dana dari ShopeePay, caranya yaitu sebagai berikut:

1. Pilih ShopeePay dan pilih menu Penarikan

2. Pada halaman Penarikan, pilih rekening bank tujuan, Input jumlah saldo yang akan ditarik. Apabila anda mau menarik semua saldo, silahkan checklist pilihan Tarik Saldo saat ini.

3. Masukkan pin ShopeePay anda

4. Selesai

Catatan :

  • Apabila jumlah yang ditarik di atas Rp50.000,- untuk penarikan dana ke Bank BCA, BRI, BNI, Mandiri, tidak dikenakan biaya, dan akan dikenakan biaya Rp3.000,-  untuk penarikan di bawah Rp50.000,-
  • Untuk penarikan dana selain ke Bank BCA, BRI, BNI, Mandiri: akan dikenakan biaya Rp3.000,- setiap penarikan.

You might also like

Trend Fashion Muslim Menjadi Peluang Bisnis Reseller Online yang Menjanjikan

Bisnis Reseller Online – Negara Indonesia memang sering dibilang menjadi salah satu negara dengan jumlah umat muslim terbanyak di dunia. Hal itu memang benar adanya. Kenyataan pun juga membuktikan bahwasanya dimanapun Anda pergi, ke kota manapun, pasti dengan mudah bisa menemukan tempat ibadah seperti masjid ataupun mushola. Pemandangan lain yang tidak kalah dominan di masyarakat […]

Uang Kartal Adalah? Pengertian, Jenis dan Contohnya!

Uang kartal adalah salah satu alat yang bisa digunakan untuk alat tukar loh. Apakah kamu sudah tahu? Ada beberapa jenis uang kartal yang ada di Indonesia. Selain uang kartal yang disebut sebagai uang giral. Namun kali ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai apa itu uang kartal dari pengertiannya, jenis jenis uang kartal, ciri ciri, […]

E-Commerce Terbaik untuk Memulai Bisnis Dropship

Apakah Anda ingin memulai bisnis dropship? Meskipun tergolong sebagai bisnis yang cukup mudah untuk dimulai dan minim modal, tentu Anda tetap perlu memiliki komitmen yang tinggi untuk tetap bisa bertahan dengan kemungkinan terjadinya resiko dalam menjalankannya. Oleh sebab itu, sebagai seorang pebisnis, Anda perlu memiliki strategi bisnis yang jitu supaya usaha yang Anda jalankan bisa […]