✓3 Fakta Mata Uang Negara Filipina Adalah… Ini Jawabannya!

depositphotos

Mata Uang Negara Filipina Adalah

Filipina merupakan negara kepulauan yang merupakan salah satu anggota dari negara ASEAN (Association of Southeast Asian Nations). Dahulu negara Filipina dianggap sebagai negara paling maju dari negara-negara ASEAN lainnya. Namun sejak perang dunia kedua selesai, negara Filipina mulai melemah keadaan ekonominya. Dikarenakan penyitaan kekayaan yang dilakukan pemerintah, korupsi yang luas, dan pengaruh-pengaruh neo-kolonial.

Apa mata uang yang digunakan pada masa kejayaan negara Filipina pada saat itu? Bagaimana kondisi ekonomi negara Filipina saat ini setelah penggunaan mata uang yang sekarang? Dan apa nama mata uang Filipina yang saat ini masih digunakan? Temukan jawabannya pada pembahasan ✓3 Fakta Mata Uang Negara Filipina Adalah berikut.

1.Nama Mata Uang Negara Filipina Adalah Peso

mata uang negara filipina adalah
depositphotos

Nama dari mata uang negara Filipina adalah Peso. Peso ini merupakan mata uang yang saat ini resmi dan populer digunakan untuk alat transaksi di negara Filipina. Jika dituliskan dalam bahasa Filipina berbentuk pɛsoʊ. Nama peso ini ternyata diambil dari bahasa Inggris, karena negara Filipina merupakan negara hasil jajahan Amerika Serikat, yang penggunaan bahasanya menggunakan bahasa Inggris. Namun penggunaan nama peso ini terhenti pada tahun 1967. Karena setelah itu, nama mata uang negara Filipina diganti menjadi piso. Tetapi nama piso ini hanya digunakan sampai tahun 2017-2018. Karena setelahnya kembali diubah lagi menjadi peso.

Kemudian ditetapkan kode ISO 4217 dari mata uang negara Filipina adalah peso tersebut. Penetapannya dilakukan oleh Organisasi Standarisasi Internasional. Dimana fungsi dari penetapan kode ISO 4217 ini adalah untuk memudahkan penggunaannya dalam sistem perbankan dan kegiatan ekonomi secara internasional atau global. Nama dari kode ISO 4217 yang ditetapkan untuk mata uang negara Filipina adalah peso tersebut yakni PHP. Dimana jika dilihat dari struktur hurufnya, kemungkinan merupakan singkatan dari Philipina Peso.

Peso Filipina juga memiliki simbol mata uang sama seperti mata uang paling populer di dunia yakni dolar Amerika Serikat. Jika dolar Amerika Serikat memiliki simbol $, untuk mata uang negara Filipina adalah peso memiliki simbol berbentuk ₱. Jika kamu ingin mengetik simbol tersebut dalam media digital dan ingin menggunakan keyboard, cobalah untuk mengetikkan “20b1” dan kemudian menekan tombol Alt dan X secara bersamaan.

Tempat yang digunakan untuk memproduksi mata uang negara Filipina adalah peso ini adalah di Bangko Sentral ng Pilipinas. Yang merupakan bank sentral dari negara Filipina. Lokasi dari bank ini sendiri berada di Roxas Boulevard, Manila. Manila sendiri merupakan ibukota dari negara Filipina.

2.Sejarah Mata Uang Negara Filipina

Sebelum Peso Resmi

mata uang negara filipina adalah
aliexpress

Selain kedatangan negara Amerika Serikat pada negaranya sesuai yang disebutkan pada pembahasan diatas, negara Filipina juga sempat dijajah oleh negara Spanyol. Sebelum kedatangan bangsa Spanyol ini, negara Filipina terdiri dari beberapa kerajaan yang terdapat perdagangan dengan negara-negara lainnya dalam perbatasan. Pada jual beli tersebut, saat itu negara Filipina masih menerapkan sistem barter. Sistem barter tersebut adalah merupakan kegiatan transaksi yang menggunakan barang dalam pertukarannya. Dan barang yang digunakan untuk transaksi barter tersebut adalah cangkang kerang.

Kemudian setelah menggunakan cangkang kerang selama beberapa tahun, alat transaksi yang digunakan mulai berpindah dalam penggunaan emas. Nama dari emas tersebut adalah pilancitos, yang merupakan koin tertua dari negara Filipina.

Mulai tahun 1521, negara Filipina mulai kedatangan bangsa Spanyol untuk menguasai negaranya. Bangsa Spanyol tersebut membawa mata uang koin bernama teston untuk dipopulerkan dan digunakan dalam negara Filipina. Kemudian mulai dipergunakan juga mata uang peso Spanyol.

Tahun 1898, negara Filipina mulai merdeka dari jajahan bangsa lain. Dan setelah kemerdekaannya itu, negara Filipina masih menggunakan nama peso sebagai mata uang negaranya. Namun, saat itu negara Filipina sudah mulai memproduksi cetakan uangnya sendiri. Namun, setelah itu mata uang produksi tersebut ditarik oleh Amerika Serikat karena dianggap sebagai uang yang ilegal.

Kemudian sekitar tahun 1900 bangsa Amerika Serikat datang ke negara Filipina. Namun dalam kedatangannya ini, ada beberapa dampak positif yang diberikan, antara lain menerapkan sistem pernbankan modern, mata uang, dan sistem kredit yang dapat membuat ekonomi negara Filipina menjadi makmur. Hal inilah mengapa dikatakan pada pembahasan diatas, bahwa negara Filipina merupakan negara paling maju diantara negara ASEAN lainnya.

Namun setelah itu terjadilah perang dunia kedua. Yang membuat negara Filipina menjadi krisis moneter. Dan mengharuskan negara Filipina menggunakan mata uang dari bangsa Jepang yang memiliki nama mata uang Mickey Mouse. Selain mata uang tersebut, juga ada mata uang dari provinsi lain yaitu Guerilla Notes atau Mata Uang Perlawanan.

Mulai Produksi Peso Resmi

mata uang negara filipina adalah
bloomberg

Tahun 1949 Bank Sentral Filipina mulai memproduksi mata uang kertas Filipina resminya sendiri dengan nama peso. Tahun 1951, dicetak mata uang peso dengan denominasi 5, 10, 20 dan 50 centavos, 1, 2, 5, 10, 20, 50, 100, 200, dan 500 peso. Namun seperti yang disebutkan pada pembahasan diatas, nama peso ini mulai diubah menjadi piso saat tahun 1967. Dan pada tahun 1969 mulai dicetak uang baru dengan nama piso dalam denominasi denominasi 1, 5, 10, 20, 50 dan 100 piso.

Dimana pada tahun 2018 diproduksi uang baru dari piso yaitu seri Koin Mata Uang Generasi Baru (NGC) lengkap yang terdiri dari 10-Piso, 5-Piso, 1-Piso, 25-Sentimo, 5-Sentimo dan 1- Sentimo.

Koin seri NGC ini menampilkan logo Bank Sentral Philipna yang baru, yaitu tiga pahlawan nasional (Apolinario Mabini di pecahan 10 Piso, Andres Bonifacio di pecahan 5 Piso, dan Jose Rizal di pecahan 1 Piso), bintang tiga yang bergaya dan matahari di 25, 5 dan 1 Sentimo, serta flora endemik yang sama dengan desain Seri NGC Uang Kertas yang menyoroti kekayaan fauna Filipina.

Mata uang koin seri NGC ini dicetak menggunakan teknologi laser ukiran, termasuk dua koin dengan denominasi tertinggi yaitu 10-Piso dan 5-Piso. Teknologi tersebut membuat koin-koin ini menjadi sulit untuk diduplikasi atau dipalsukan.

3.Denominasi Mata Uang Negara Filipina dan Konversi ke Rupiah

mata uang negara filipina adalah
barron’

Mata uang negara Filipina adalah peso ini juga diproduksi dalam bentuk 2 jenis layaknya mata uang negara-negara lain. Yaitu bentuk uang kertas dan uang koin. Masing-masing dari jenis uang ini memiliki denominasinya masing-masing.

Dimana untuk uang kertasnya ada yang masih sering digunakan untuk alat transaksi namun ada juga yang sudah jarang digunakan. Untuk denominasi uang kertas yang masih sering digunakan antara lain 20, 50, 100, 500, dan 1.000 peso. Sedangkan yang sudah jarang digunakan adalah 200 peso.

Begitu juga dengan uang koinnya. Ada yang masih sering digunakan, ada juga yang sudah jarang digunakan. Untuk nilai pecahan dari uang koin yang masih sering digunakan yaitu 1, 5, 10, dan 20 peso. Sedangkan yang sudah jarang digunakan adalah 1, 5, dan 25 centavo. Dimana untuk nilai centavo sendiri adalah 100 centavo setara dengan 1 peso.

Saat ini, menurut 1 MXN = 746.1232 IDR – MSN Money mata uang negara Filipina adalah peso nilainya setara dengan Rp746. Dimana jika masing masing dari denominasi mata uang negara Filipina adalah peso diubah kedalam rupiah menjadi:

  • 1 centavo = Rp7,46
  • 5 centavo = Rp37,3
  • 25 centavo = Rp186,5
  • 1 peso = Rp746
  • 5 peso = Rp3.730
  • 10 peso = Rp7.460
  • 20 peso = Rp14.920
  • 50 peso = Rp37.300
  • 100 peso = Rp74.600
  • 200 peso = Rp149.200
  • 500 peso = Rp373.000
  • 1.000 peso = Rp746.000

You might also like

Hindari 5 Hal Berikut Ini Sebagai Seorang Dropshipper

Akhir-akhir ini sebagian besar orang banyak yang memilih untuk menjadi seorang dropshipper. Bisnis dropship ini sangat digemari karena sistem bisnisnya yang tergolong ringan dan juga mini model. Untuk para pemula yang ingin memulai sebuah bisnis maka akan sangat disarankan untuk menjalankan bisnis dropship. Namun, sebelumnya bukankah penting untuk mengetahui apa itu bisnis dropship? Bisnis dropship […]

✓3 Fakta Mata Uang Arab Saudi, Sempat Timbul Kontroversi?

Benar nggak sih kalau mata uang Arab Saudi sempat menimbulkan kontroversi? Apakah kamu tahu akan berita tersebut? Kalau belum berarti bacaan ini cocok untuk kamu baca agar menambah pengetahuan mengenai ilmu mata uang dunia. Selain itu, dibawah akan kita bahas mengenai sejarah mata uang agama Islam. Kira-kira bagaimana perkembangan mata uang Islam tersebut? Yuk simak […]

3 Fakta Mata Uang Korea Selatan, Yuk Cari Tahu!

Fakta mata uang Korea Selatan berikut ini mungkin saja belum pernah kamu dengarkan sebelumnya. Buat pecinta Kpop ataupun budaya Korea khususnya Korea Selatan, pastinya sudah tidak asing dengan mata uang di negara ini. Korea Selatan menggunakan mata uang dengan nama Won. Seperti yang kita tahu, Korea dibedakan menjadi 2 wilayah yaitu Korea Selatan dan juga […]