✓3 Fakta Mata Uang Arab, Arab Saudi vs Uni Emirat Arab!

medium

Mata uang Arab Saudi dan Uni Emirat Arab apakah menggunakan mata uang Arab yang sama? Karena kedua negara tersebut sama-sama menggunakan nama “Arab” apakah berarti keduanya menggunakan mata uang yang sama?

Apakah justru kalian baru tahu jika kedua negara tersebut merupakan dua negara yang berbeda? Atau justru kalian baru mendengar nama negara Uni Emirat Arab saat ini?

Untuk mengenal lebih dalam mengenai mata uang Arab Saudi dan Uni Emirat Arab, mari kita simak pembahasan berikut dengan seksama.

1. Perbedaan Arab Saudi dan Uni Emirat Arab

mata uang arab
hipwee

Sebelum menjawab apa nama mata uang Arab Saudi dan Uni Emirat Arab, mari kita mengenal terlebih dahulu perbedaan dari kedua negara tersebut.

Apakah sebelumnya kamu tahu bahwa negara Arab Saudi dan Uni Emirat Arab adalah negara yang berbeda? Karena masih banyak orang yang menganggap bahwa kedua negara tersebut merupakan satu negara yang sama. Atau bahkan belum pernah mendengar tentang negara Uni Emirat Arab, karena lebih mengenal Arab Saudi.

Padahal kedua negara tersebut aslinya berbeda baik dari segi apapun. Apa saja perbedaan dari negara Arab Saudi dan Uni Emirat Arab? Berikut jawabannya:

A. Ibu Kota

Kalian mungkin sudah pernah mendengar nama “Abu Dhabi”. Apakah kalian tahu kalau ternyata Abu Dhabi merupakan ibukota dari negara Uni Emirat Arab? Ya, ibukota dari Uni Emirat Arab adalah Abu Dhabi. Atau mungkin kalian lebih akrab dengan kota Dubai? Ternyata kota tersebut merupakan salah satu kota yang berada di negara Uni Emirat Arab juga. Dan menurut beberapa sumber, Dubai jauh lebih dikenal oleh banyak orang daripada ibukotanya, Abu Dhabi. Dibuktikan juga dengan kepadatan penduduk dari kota Dubai lebih padat daripada Abu Dhabi.

Itu tadi  merupakan ibokota dari negara Uni Emirat Arab, lalu apa ibukota negara Arab Saudi? Ibu kota dari Arab Saudi adalah Riyadh. Kota Riyadh dikenal sebagai kota yang memiliki gedung-gedung yang tinggi dari negara Arab Saudi. Jadi, meskipun mungkin yang paling terkenal dari negara Arab Saudi adalah kota Makkah, namun kota tersebut bukan merupakan ibukota dari negara tersebut.

B. Luas Negara

Jika dilihat perbedaannya dari luas wilayah, akan dengan mudah dilihat perbedaannya. Karena wilayah dari kedua negara tersebut memiliki perbedaan yang cukup besar. Dimana untuk luas dari negara Arab Saudi adalah sekitar 2 juta km persegi, sedangkan untuk negara Uni Emirat Arab adalah sekitar 80 ribu km persegi.

C. Penduduk Negara

Dilansir dari The Voice of Millennials and Gen Z | IDN Times negara Arab Saudi memiliki 90 persen orang asli dari bangsa Arab, sedangkan untuk negara Uni Emirat Arab hanya memiliki sekitar 12 persen orang asli bangsa Arab. Sisanya adalah orang-orang pendatang dari negara-negara tetangga seperti India, Pakistan, dan lain-lain.

D. Kepala Negara

Untuk negara Arab Saudi merupakan negara berbentuk monarki sehingga memiliki kepala negara seorang raja. Dimana saat ini raja yang memimpin negara tersebut adalah Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud, raja Arab Saudi ketujuh.

Sedangkan untuk negara Uni Emirat Arab memiliki bentuk negara federasi, sehingga memiliki kepala negara seorang presiden. Dimana presiden yang menjabat adalah Sheikh Khalifa bin Zayed al Nahyan, presiden kedua Uni Emirat Arab sebelum meninggal pada 13 Mei 2022 lalu. Sehingga setelah beliau meninggal kepemimpinan digantikan oleh wakil presiden beliau yakni Mohammed bin Rashid Al Maktoum.

E. Ikon Negara

Ikon negara ini juga sering disebut sebagai landmark. Dimana contohnya jika negara Indonesia ikonnya adalah Monas. Untuk Arab Saudi tentu adalah Ka’bah, yang merupakan bangunan paling suci yang menjadi impian seluruh umat muslim di dunia. Dan untuk negara Uni Emirat Arab, landmark dari negaranya adalah gedung Burj Khalifa yang merupakan gedung tertinggi di dunia.

2. Nama Mata Uang Arab Saudi

mata uang arab
eurochange es

Nama Mata Uang Arab Saudi adalah Riyal yang dalam bahasa Arab dituliskannya dengan huruf hijaiyah yakni ريال‎. Lebih lengkapnya dinamakan Riyal Saudi dan penulisan dalam huruf Arabnya lebih sering disingkat ر.س.

Untuk memudahkan dalam penggunaannya ke kegiatan perbankan dan ekonomi diseluruh dunia, maka ditetapkanlah kode ISO 4217 untuk mata uang Arab Saudi oleh Organisasi Standarisasi Internasional. Kode yang ditetapkan tersebut dengan nama SAR. Jika dilihat dari struktur hurufnya, nama tersebut merupakan singkatan dari Saudi Arabian Riyal.

Mata uang Arab Saudi riyal ini sudah dipergunakan sebagai alat transaksi sejak Arab Saudi terbentuk. Karena sebelumnya, Arab Saudi belum terbentuk menjadi sebuah negara atau kerajaan. Dan sebelumnya mata uang Arab Saudi riyal ini juga sudah digunakan di Hijaz,  sebuah wilayah di sebelah barat laut wilayah yang saat ini menjadi Arab Saudi tersebut.

Mata uang Arab Saudi riyal ini diproduksi oleh Saudi Arabian Monetary Agency, bank sentral Arab Saudi. Dimana sama dengan negara-negara lainnya, mata uang Arab riyal Saudi ini juga diproduksi dalam bentuk uang kertas dan uang koin.

Untuk denominasi dari uang kertasnya yakni bernilai 1, 5, 10, 20, 50, 100, 200, 500 riyal. Sedangkan untuk uang koinnya memiliki nilai pecahan 5, 10, 25, 50, 100 halala. Dimana untuk 1 riyalnya setara dengan 100 halala tersebut.

Dilansir dari 1 SAR = 3,953.0000 IDR – MSN Money mata uang Arab Saudi jika dikonversikan ke dalam bentuk rupiah, saat ini nilai 1 SAR nya sama dengan Rp3.952.

Dilansir dari Uang Kertas Baru 20 Riyal Arab Saudi Menimbulkan Kontroversi, Mengapa? Halaman all – Kompas.com tahun 2020 lalu, Arab Saudi menerbitakan denominasi mata uang Arabnya baru yaitu 20 riyal. Namun, uang tersebut semoat menimbulkan suatu kontroversi.

Ternyata hal itu dikarenakan desain dari mata uang Arab Saudi 20 riyal tersebut dicantumkan gambar Kashmir, negara bagian di India bagian utara, dimana penggambarannya ditunjukkan sebagai negara yang merdeka. Dimana negara tersebut disengketakan dari negara India dan Pakistan. Sehingga, hal tersebut memicu kemarahan warga India karena merasa Kashmir tersebut dipisahkan dari negara India. Padahal, orang-orang Kashmir memang belum diberi kesempatan untuk memutuskan apakah mereka ingin merdeka atau bersama Pakistan. Sehingga justru reaksi dari warga Kashmir adalah senang akan desain dari mata uang Arab 20 riyal Saudi tersebut.

3. Nama Mata Uang Uni Emirat Arab

mata uang arab
bukalapak

Itu tadi merupakan nama mata uang Arab Saudi. Saat ini mari kita bahas mengenai nama mata uang Uni Emirat Arab. Mata uang Uni Emirat Arab dinamakan Dirham Uni Emirat Arab. Yang dalam bahasa Arab dituliskan menjadi درهم‎. Sama dengan mata uang Arab Saudi dan mata uang negara lainnya. Mata uang Uni Emirat Arab juga ditetapkan kode ISO 4217 nya agar dapat memudahkan dalam urusan ekonomi dan perbankan internasional. Dimana kode yang ditetapkan tersebut berbunyi AED. Nama dari kode tersebut kemungkinan adalah singkatan dari United Arab Emirat Dirham.

Mata uang dirham Uni Emirat Arab ini diproduksi oleh Bank Sentral Uni Emirat Arab. Dimana produksinya juga dibuat dalam 2 jenis yakni uang kertas dan uang koin. Untuk denominasi dari uang kertasnya sendiri yaitu memiliki nilai-nilai pecahan berikut 5, 10, 20, 50, 100, 200, 500, 1000 dirham. Sedangkan untuk denominasi dari mata uang dirham koin yaitu 25, 50 fils, 1 dirham. DIsitu terdapat nilai pecahan fils, dimana untuk nilai dari fils sendiri adalah 100 fils sama dengan 1 dirham Uni Emirat Arab.

Untuk nilai tukarnya dengan rupiah, nilainya pun berbeda dari mata uang Arab Saudi. Menurut 1 AED = 4,042.0000 IDR – MSN Money untuk saat ini nilai dari 1 dirham Uni Emirat Arab sama dengan Rp4.042.

Dilansir dari Uni Emirat Arab Rencara Luncurkan Mata Uang Digital | Republika Online pada tahun 2021 lalu, Uni Emirat Arab berencana untuk membuat mata uang digitalnya. Rencana tersebut dinyatakan oleh Central Bank Uni Emirat Arab untuk tahun 2023-2026 dalam peluncuran mata uang digitalnya. Menurut CBUEA, kebijakan tersebut berfungsi untuk mengecilkan sistem inspeksi, pemantauan, dan asuransi.

You might also like

Ide Bisnis Dropship Modal Kecil Namun Menjanjikan

Jika Anda yang ingin menjalankan bisnis dengan modal kecil maka bisnis dropship adalah jawabannya. Bisnis online yang satu ini memiliki banyak sekali kelebihan. Selain mudah untuk memulainya, bisnis ini juga memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan bisnis lainnya. Oleh karena itu, banyak orang menganggap bisnis dropship adalah sebuah peluang usaha menjanjikan. Ada banyak keuntungan yang […]

Mengapa Bisnis Reseller Termasuk Bisnis yang Berpeluang Tinggi Hasilkan Untung Banyak?

Bisnis Reseller – Pada saat ini baik itu tren maupun bukan, yang sedang berkembang di Indonesia untuk investasi asing merupakan bisnis penjualan online atau ecommerce. Yang menjadi alasan utama adalah karena Indonesia negara yang padat populasinya dan sebagian besar penduduk Indonesia sudah mempunyai akses untuk menggunakan internet. Maka dari itu, ini sangat memungkinkan untuk seseorang […]

Cara Membuat Akun di Instagram di HP, Antiribet, Mudah, Dan Cepat!

Ide Jualan – Pesatnya perkembangan teknologi telah memberikan pengaruh disegala sisi kehidupan masyarakat. Dulu, koran menjadi andalan sebagai alat atau media informasi masyarakat, akan tetapi sekarang masyarakat berpindah ke media online yang secara mudah bisa diakses melalui smartphone. Termasuk juga transaksi jual-beli atau penjualan, sekarang masyarakat tidak lagi repot-repot mendatangi toko-toko di pasar atau mall, […]