✓3 Fakta Mata Uang Filipina Adalah Pada Pembahasan Berikut!

market bisnis

Apakah kamu sudah tahu apa nama dari mata uang Filipina? Mata uang Filipina adalah….?

Mata uang Filipina sempat mengalami beberapa pergantian sebelum akhirnya menggunakan mata uangnya yang sekarang. Bahkan dikatakan bahwa negara Filipina sempat menggunakan barang untuk bertransaksi loh. Apa barang yang digunakan tersebut?

Temukan jawaban-jawaban pertanyaan tersebut pada pembahasan berikut.

1.Mata Uang Filipina Adalah Peso

mata uang filipina adalah
deposit photos

Nama mata uang Filipina adalah peso, sering juga disebut dengan istilah piso. Atau penulisannya dalam bahasa Filipina adalah pɛsoʊ. Lambang dari mata uang Filipina adalah peso ini berbentuk ₱.

Dan untuk memudahkan dalam proses perbankan dan ekonomi secara global atau internasional. Organisasi Standar Internasional menetapkan kode ISO 4217 untuk mata uang Filipina adalah peso. Yakni dengan nama kode PHP. Kode ISO 4217 ini memang umum ditetapkan sebagai kode mata uang agar lebih mudah dihafal, mudah dikenali, dan mudah dituliskan baik menggunakan tangan maupun alat elektronik. Karena tidak semua keyboard seluruh negara terdapat simbol atau penulisan peso dalam bahasa Filipina tersebut.

Ternyata penggunaan nama peso dan piso ini memang ada sebab dan akibatnya loh. Bagaimana prosesnya? Jadi, negara Filipina merupakan negara jajahan Amerika Serikat, layaknya Indonesia dijajah oleh negara Belanda dan Jepang. Kemudian, negara Filipina memutuskan untuk menggunakan nama mata uang dengan bahasa Inggris, bahasa yang digunakan negara penjajah. Yaitu nama mata uang Filipina adalah peso sampai pada tahun 1967.

Kemudian sejak adopsi penggunaan bahasa Filipina nama peso diganti dengan sebutan piso hingga tahun 2018. Namun setelah tahun 2018 tersebut, mata uang Filipina kembali diubah menjadi peso. Dengan penamaan nama kode ISO 4217 menggunakan istilah peso ini dimana ditentukan kode PHP yang kemungkinan merupakan singkatan dari Philipina Peso.

Denominasi Mata Uang Filipina Adalah Peso

mata uang filipina adalah
wisatawan

Sama dengan negara-negara lain di dunia, Filipina juga memproduksi mata uangnya dalam bentuk uang kertas dan uang koin. Dimana percetakan dari kedua jenis mata uang tersebut dilakukan pada satu tempat yang sama bernama Bangko Sentral ng Pilipinas. Yang dalam bahasa Inggris dinamakan Central Bank of the Philippines dan dalam bahasa Indonesia disebut dengan Bank Sentral Filipina. Bank ini juga lebih sering disingkat dengan nama BSP. Letak dari bank ini adalah di Roxas Boulevard, Manila. Manila sendiri merupakan ibukota dari negara Filipina.

Untuk uang kertas yang diproduksi Bank Sentral Filipina memiliki denominasi 20, 50, 100, 500, 1.000 peso Denominasi tersebut adalah dari mata uang Filipina adalah peso bentuk kertas yang masih sering digunakan untuk bertransaksi, sedangkan untuk yang sudah jarang digunakan sebagai alat transaksi adalah nilai uang kertas pecahan 200 peso.

Kemudian untuk jenis uang koinnya juga terdapat uang yang masih sering digunakan untuk bertukar jual beli dan ada yang sudah jarang digunakan. Uang pecahan koin yang masih sering digunakan adalah pecahan 1, 2, 5, 10 peso. Sedangkan untuk yang sudah jarang digunakan adalah denominasi 1, 5, 10, dan 25 sentimo. Dimana sentimo ini sama dengan centavo. Yang dalam 1 pesonya sama dengan 100 centavo atau sentimo.

Untuk desain dari mata uangnya sendiri sama dengan negara Indonesia, dimana setiap lembaran kertas mata uangnya memiliki warna yang berbeda dan gambar yang dicantumkan juga berbeda-beda. Dan untuk gambar yang digunakan adalah gambar dari tokoh penting dari negara Filipina tersebut.

2.Sejarah Mata Uang Filipina dari Awal

mata uang filipina adalah
blog unik

Dilansir dari detikEdu – Informasi Berita Seputar Dunia Pendidikan Terbaru, mata uang Filipina adalah peso memiliki perubahan mata uang selama 6 periode, yakni:

1.Masa Era Hispanik

Masa ini adalah masa dimana negara Filipina belum kedatangan orang-orang dari negara Spanyol. Namun, masa ini merupakan masa dimana terjadi perdagangan antara negara Filipina dengan orang-orang China, Jawa, Kalimantan, dan Thailand. Dimana sistem pembayaran saat itu masih menggunakan sistem barter. Apa itu sistem barter? Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) arti dari barter sendiri adalah perdagangan dengan saling bertukar barang.

Dahulu sebelum penggunaan mata uang, hampir dari seluruh dunia memang menggunakan sistem ini. Dimana untuk negara Filipina pada saat itu menggunakan barang berupa cangkang kerang. Ya, cangkang kerang yang biasa kamu temukan di pantai-pantai. Dan barang ini digunakan sebagai alat transaksi selama berabad-abad.

2.Masa Era Spanyol Tahun 1521-1897

Setelah masa era Hispanik, bangsa Spanyol mulai memasuki negara Filipina. Saat menjajah negara Filipina mereka menggunakan koin perak macuquinas atau tongkol sebagai mata uang yang digunakan untuk bertransaksi dimasa tersebut.

Desain dari mata uang ini adalah mencantumkan lambang salib pada sisi depannya, dan gambar kerajaan Spanyol pada sisi sebaliknya.

Kemudian pada tahun 1732 hingga 1772 dimunculkan kembali mata uang baru bernama dos mundos, dimana penerbitannya tidak hanya diedarkan di negara Filipina saja, tetapi juga diedarkan ke negara-negara tetangga lainnya. Mata uang ini bisa dihargai oleh banyak orang karena dianggap memiliki desain yang indah. Desain yang dianggap indah tersebut bergambar bola dunia bermahkota kembar yang mewakili kekuasaan Spanyol atas Dunia Lama ke Dunia Baru.

Setelah penggunaan mata uang tersebut berakhir, berganti lagi menjadi mata uang bernama Berilla. Berilla ini berbentuk koin perunggu atau tembaga mentah. Mata uang ini diterbitkan dengan alasan pada saat itu kekurangan koin pecahan untuk bertransaksi. Jika di Indonesia, uang ini sama dengan uang receh.

Selain itu, ada juga mata uang yang juga diperbolehkan digunakan di Filipina yakni koin emas yang memiliki desain gambar Ratu Isabella. Dan juga peso koin perak dengan gambar Alfonoso XIII muda.

Setelah itu, dicetak untuk pertama kalinya peso jenis kertas yang diberi nama peso fuertes, yang saat itu diterbitkan oleh El Banco Espanol Filipino, bank Filipina saat itu.

3.Masa Periode Revolusi Tahun 1898 1899

Tahun 1898 negara Filipina berhasil merdeka dari jajahan kolonial. Dengan pimpinan Jenderal Emilio Aguinaldo, negara Filipina saat itu mulai memproduksi mata uangnya sendiri. Produksinya dilakukan di gudang senjata Malolos yang memproduksi uang dua jenis koin tembaga dua centavo. Juga Uang kertas satu peso dan lima peso yang kemudian ditandatangani oleh Pedro Paterno, Mariano Limjap dan Telesforo Chuidian.

Namun, ternyata uang ini dianggap ilegal oleh negara Amerika, sehingga produksinya dihentikan dan ditarik. Jenderal Emilio Aguinaldo juga menyerahkan diri pada negara Amerika.

4.Massa Periode Amerika Tahun 1900-1941

Namun setelah masa penarikan uang yang lalu, Amerika datang ke negara Filipina dan mengoperasikan Sistem pernbankan modern, mata uang, dan sistem kredit. Dimana karena hal itu, negara Filipina dapat menjadi negara yang dikatakan makmur.

Tahun 1903 kongres Amerika Serikat menyetujui Undang Undang Koin untuk Filipina. Dan pada tahun 1912, El Banco Espanol Filipino diubah namanya menjadi Bank of the Philippine Islands. Hal inilah yang mendasari penetapan nama peso pada mata uang Filipina. Seperti yang telah dijelaskan dalam poin nomor 1 diatas.

5.Masa Pendudukan Jepang Tahun 1942-1945

Pada masa ini terjadi perang dunia kedua, dimana Jepang mulai menjajah negara filipina dan menyebabkan negara Filipina menjadi krisis keuangan. Sehingga dikeluarkan mata uang oleh negara Jepang yang diberi nama “Uang Mickey Mouse”. Selain itu juga diterbitkan dari provinsi yang berbeda dengan nama “Guerilla Notes atau Mata Uang Perlawanan”. Sehingga saat itu negara Filipina menggunakan 2 mata uang tersebut.

6.Masa Republik Filipina

Pada masa kemerdekaan negara Filipina inilah yang mulai diproduksinya mata uang resmi milik Filipina sendiri. Dimana mata uang Filipina adalah peso pada masa ini dan digunakan hingga masa sekarang.

3.Konversi Mata Uang Filipina Adalah Peso ke Bentuk Rupiah

mata uang filipina adalah
youtube

Dilansir dari 1 MXN = 744.5390 IDR – MSN Money mata uang Filipina adalah peso untuk saat ini nilainya dalam 1 peso setara dengan Rp744.

You might also like

Manfaatkan Fitur Gratis Ongkir Bukalapak sebagai Strategi Pemasaran Bisnis Dropship

Bisnis dropship tanpa modal memang semakin banyak diminati oleh para pebisnis online. Hal tersebut tentu menjadi tren positif dalam membantu meningkatkan perekonomian di Indonesia. Bisnis dropship adalah jenis bisnis perantara online, di mana nantinya seorang dropshipper akan bertugas menjual kembali produk dari supplier ke konsumen tanpa harus memiliki stok barang. Terdapat beberapa langkah yang harus […]

Tips Mempromosikan Produk di Bukalapak

Ide Jualan – Produk yang laku keras di pasar menjadi tujuan utama bagi para pebisnis. Meningkatnya penjualan merupakan tolak ukur kesuksesan suatu bisnis. Untuk mencapai nilai penjualan yang tinggi diperlukan strategi yang tepat agar produk Anda dikenal dan diminati pembeli. Pemasaran, salah satu strategi untuk memperkenalkan produk Anda pada calon pembeli. Beragam media promosi digital […]

Pemilik Bisnis Dropship Perlu Tahu Keunggulan JNE Dan TIKI

Bisnis Dropship – Saat ini tren online shopping telah menjadi fenomena di kalangan masyarakat Indonesia. Dengan hadirnya perkembangan teknologi yang semakin maju, telah membuat masyarakat dapat mengakses banyak marketplace dengan mudah untuk transaksi jual beli online. Ditambah lagi semakin banyaknya pemilik bisnis dropshipyang memasarkan produknya, tentu semakin memudahkan setiap orang untuk belanja online. Belanja online […]