✓5 Fakta Mata Uang Negara Thailand Adalah Sebagai Berikut!

liputan 6

Kalian mungkin sudah banyak yang tahu nama mata uang negara Thailand bukan? Benar, mata uang negara Thailand adalah baht. Namun, apakah kalian sudah mengetahui beberapa fakta dibalik mata uang baht tersebut?

Katanya jika kamu merusak atau bahkan hanya melipat mata uang negara Thailand adalah baht, kamu akan bisa dimasukkan ke penjara di Thailand loh. Apakah pernyataan tersebut benar? Temukan jawabannya di pembahasan berikut!

1.Mata Uang Negara Thailand Adalah Baht

mata uang negara thailand adalah
shutterstock

Nama mata uang negara Thailand adalah Baht. Dalam bahasa Thailand penulisannya memiliki bentuk บาท. Simbol dari mata uang negara Thailand adalah Baht yakni lambang ฿. Untuk memudahkannya dalam penggunaan di bidang perbankan dan perekonomian internasional, negara Thailand juga menetapkan kode ISO 4217 layaknya negara-negara lain di dunia. Dimana nama dari kode ISO 4217 yang dimiliki mata uang negara Thailand adalah Baht ini yaitu THB. Dimana jika dilihat dari hurufnya, kemungkinan memiliki kepanjangan Thailand Baht.

Pencetak mata uang negara Thailand adalah baht ini adalah Bank of Thailand (BOT), yang dalam bahasa Thailand dituliskan dalam bentuk ธนาคารแห่งประเทศไทย. Sehingga sebagai bentuk tanggung jawabnya, bank Thailland ini menetapkan tujuan utamanya yakni untuk mencapai dan memelihara kestabilan nilai baht. Dimana bentuk kestabilan itu ada dalam dua bentuk yaitu kestabilan nilai mata uang terhadap barang dan jasa, serta kestabilan terhadap mata uang negara lain.

Seperti negara-negara lainnya, mata uang negara Thailand adalah baht juga diproduksi dalam dua bentuk yaitu uang kertas dan uang koin. Untuk masing-masing baik uang kertas dan koin memiliki denominasinya masing-masing. Untuk uang kertas yang pada sisi depannya dicantumkan gambar Paduka Yang Mulia Raja Maha Vajiralongkorn, nilai pecahannya antara lain:

  • 20 baht yang memiliki warna uang kertas hijau gambar belakangnya adalah Buddha Yodfa Chulaloke dan  Buddha Loetia Nabhalai.
  • 50 baht yang diberikan warna biru memiliki gambar belakang Nangklao dan Mongut.
  • 100 baht memiliki warna merah dicantumkan gambar Chulalongkorn dan Vajiravudh pada bagian belakangnya.
  • 500 baht berwarna ungu bergambar Prajadhipok dan Ananda Mahidol pada bagian belakang uang.
  • 1.000 baht memiliki warna abu-abu diberikan gambar Bhumibol Adulyadej dan Vajiralongkorn di sisi belakang.

Sedangkan untuk uang koinnya memiliki 4 denominasi yaitu:

  • 1 baht yang memiliki bahan dasar pembuatan dari kupronikel
  • 2 baht yang berbahan dasar kuningan
  • 5 baht yang bahan pembuatannya dari kupronikel dengan pinggiran menggunakan bahan tembaga
  • 10 baht dengan bimetalik, yang bagian tengahnya menggunakan kuningan, dan bagian luarnya menggunakan kupronikel

2.Penerbitan Uang Kertas Digunakan Untuk Membayar Hutang?

mata uang negara thailand adalah
bangkok post

Dahulu Thailand pernah berada dibawah masa pemerintahan Raja bernama Mongkrut. Pada masa itu Thailand menjalin beberapa hubungan diplomatic dengan negara-negara bagian barat dan menerapkan sistem perdagangan bebas.

Perdagangan bebeas tersebut terus menerus mengalami peningkatan sehingga menyebabkan kebutuhan uang juga meningkat karena diperlukan untuk alat transaksi. Bahkan dikatakan bahwa mata uang negara Thailand adalah pot duang pada saat itu tidak cukup. Sehingga Raja Mongkrut harus memesan uang yang diberi nama Mai pada tahun 1853. Namun ternyata uang mai tersebut tidak begitu popular digunakan karena masyarakat Thailand masih menyukai mata uang pot duang.

Kemudian pada tahun 1873 pada masa Raja Chulalongkorn, koin tembaga yang memiliki nilai rendah menjadi langka karena nilai dari bahan timah dan tembaga meningkat pada pasar dunia. Kejadian ini membuat masyarakat Thailand lebih mempercayai mata uang negara Thailand adalah pee karena bisa ditukar dengan mata uang negara Thailand adalah kasino.

Untuk menghindari penggunaannya, Raja Chulalongkorn membuat kebijakan untuk menggunakan mata uang berbentuk kertas yang memiliki nilai rendah. Mata uang negara Thailand itu dinamakan Att Kradat. Uang ini digunakan sembari menunggu pesanan mata uang koin tembaga yang sedang dipesan dari negara Inggris.

Kemudian pada tahun 1889, 1898 dan 1899, karena pemerintah Thailand dianggap tidak mampu menyediakan mata uang negara Thailand adalah bentuk koin terhadap adanya perluasan ekonomi dan kegiatan dagang lainnya, maka dioperasikan tiga bank komersial untuk mencetak uang kertas agar bisa mempercepat penyelesaian hutang antara bank dengan pelanggan.

3.Jangan Rusak Baht Jika Tidak Mau Ditangkap Polisi Thailand!

mata uang negara thailand adalah
cnbc

Apakah kamu punya rencana untuk berkunjung ke negara Thailand baik untuk sekedar berlibur atau meneruskan pendidikan atau untuk berkarir dan tinggal menetap di negara gajah putih tersebut? Jika iya, kamu perlu untuk mengetahui fakta mengenai mata uang negara Thailand adalah baht ini. Yaitu, jangan pernah rusak mata uang negara Thailand adalah baht!

Kenapa? Karena pemerintah Thailand menetapkan kebijakan jika ada yang ketahuan menginjak, merobek, melipat, bahkan sampai merusak akan ditangkap oleh polisi Thailand untuk mendapatkan sanksi atas perbuatannya.

Berbeda dengan Indonesia bukan? Di Indonesia uang masih boleh dilipat, dicoret-coret, bahkan tak jarang juga yang merusaknya demi kesenangan pribadi. Maka kamu perlu menghafal kebijakan ini dan berhati-hati dalam menggunakan mata uang negara Thailand adalah baht ketika kamu menjalani kehidupan di negara tersebut.

4.Keunikan Mata Uang Negara Thailand Adalah Baht

mata uang negara thailand adalah
dreamstime com

Selain beberapa fakta diatas, ternyata mata uang negara Thailand adalah baht masih memiliki beberapa keunikan lainnya yang mungkin tidak terjadi pada mata uang negara Indonesia. Beberapa keunikan mata uang negara Thailand adalah baht yaitu sebagai berikut:

  • Mata Uang Negara Thailand Adalah Baht Merupakan Satuan Ukur Emas

Mata uang negara Thailand adalah baht ternyata juga digunakan menjadi satuan ukur emas. Umumnya penggunaan ini dipakai di toko-toko perhiasan yang ada di negara Thailand. Dimana nilai tukarnya yakni senilai 15,244 gram untuk satu bahtnya.

  • Sering Menggunakan ATM Akan Dikenakan Biaya Admin

Menurut beberapa sumber mengatakan bahwa jika kita keseringan menggunakan ATM di negara Thailand, maka kita akan dikenakan biaya admin yang nilainya tidak kecil. Oleh karena itu jika kamu sedang berkunjung ke negara tersebut jangan sampai menggunakan ATM terlalu sering ya.

  • Jika Ingin Menukar Mata Uang Negara Thailand Adalah Baht Perlu Menukar Dulu ke Dalam Bentuk Dolar AS

Dikatakan oleh beberapa sumber bahwa nilai tukar mata uang negara Thailand adalah baht sering dan bahkan selalu berubah-ubah. Terlebih jika kita menukarnya dari bentuk mata uang rupiah kita. Jadi, jika tidak ingin rugi terlalu besar, kamu bisa menukarkannya dulu ke dolar baru nanti ditukarkan lagi ke bentuk baht.

  • Mengalami Krisis

Pada tahun 1997 negara Thailand dilanda krisis ekonomi. Dimana denominasi 25 baht hanya setara dengan 1 dolar AS. Kemudian pada tahun 1988 kembali mengalami penurunan dimana nilai 1 dolar AS hanya setara dengan 57 baht.

Namun, setelah itu kerajaan Thauland melakukan pemulihan yang cukup signifikan sehingga keadaan ekonomi bisa cukup membaik dan nilai mata uang naik.

Sayangnya, pada tahun 2001 kembali mengalami penurunan, bahkan pada tahap ini menjadi berdampak ke wilayah-wilayah sekitar Thailand terutama negara bagian Asia.

Beruntungnya, pada tahun setelahnya keadaaan ekonomi Thailand bisa membaik dan nilai mata uangnya menguat. Kebijakan ini diberikan oleh Thaksin Shinawatra, perdana Menteri Thailand yang menguatkan mata uang Thailand terutama di dataran China. Perdana Menteri tersebut ternyata juga termasuk orang terkaya di Thailand yang juga memiliki bisnis.

5.Konversi Mata Uang Negara Thailand Adalah Baht ke Rupiah

mata uang negara thailand adalah
bangkok herald

Menurut 1 THB = 404.4520 IDR – MSN Money saat ini konversi mata uang negara Thailand adalah baht ke bentuk mata uang Indonesia adalah rupiah nilainya adalah 1 baht setara dengan Rp404.

You might also like

Tips Cerdas Memulai Bisnis Reseller yang Menguntungkan

Bisnis Reseller – Saat ini dunia bisnis mengalami perkembangan yang cukup pesat setiap harinya.Ada banyak sistem atau teknik baru untuk berbisnis di luaran sana yang dapat digunakan untuk mendapatkan keuntungan.Salah satu bisnis yang sudah tidak asing lagi di dunia digital saat ini adalah teknik reseller. Reseller menjadi pilihan banyak orang dalam berbisnis, sebab dinilai mudah […]

Ada Berapa Ounce dalam Satu Cangkir? Wajib Simak Disini Yuk!

Saat melihat resep minuman atau makanan, terkadang kita bingung akan satuan ukuran, seperti ada berapa ounce dalam satu cangkir. Yang biasanya kita tahu satuan “gram” disebutkan menjadi “ounce” atau berbagai satuan lainnya. Tak jarang juga, pemberi resep yang merekomendasikan untuk mengukur menggunakan cangkir kopi agar sesuai dengan contoh yang diberikan. Atau juga bisa menggunakan sendok […]

Apa yang Bisa Dilakukan untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Reseller Online?

Bisnis Reseller Online – Untuk menjadi seorang reseller yang sukses pasti ada saja bagian-bagian terpenting yang dapat dilakukan untuk meningkatkan penjualan bisnis online Anda. Sebagai seorang yang menjalankan bisnis reseller online Anda wajib untuk mengatur metode dan strategi pemasaran supaya Anda bisa meningkatkan penjualan toko online Anda sehingga keuntungan Anda juga akan berlipat atau meningkat. […]