✓5 Fakta Mata Uang Brunei Darussalam yang Perlu Kamu Tahu!

dailymotion

Apakah kamu sudah tahu apa nama mata uang Brunei Darussalam? Apakah kamu tahu jika ada salah satu nilai pecahan uang Brunei Darussalam jika dikonversikan ke dalam bentuk pecahan akan menghasilkan jumlah yang begitu fantastis? Dan ternyata mata uang Brunei Darussalam juga sudah memiliki banyak seri cetakan. Ada juga beberapa keunikan yang dimiliki mata uang Brunei Darussalam.

Ingin tahu apa saja jawaban dari semua pertanyaan tersebut? Simak 5 fakta mata uang Brunei Darussalam berikut.

1. Nama Mata Uang Brunei Darussalam: Dolar

mata uang brunei darussalam
easy cryptoinfo

Apakah kamu tahu jika nama mata uang Brunei Darussalam adalah dolar? Apakah dolar yang dipakai negara Brunei Darussalam merupakan dolar yang sama dengan mata uang yang dipakai Amerika Serikat yaitu yang biasa dikenal dengan dolar AS atau USD?

Benar, nama mata uang Brunei Darussalam adalah dolar, namun berbeda dengan dolar Amerika Serikat baik dari desain atau nilainya. Nama dari dolar Brunei pun juga diberi nama sendiri yakni dolar Brunei Darussalam. Dan simbol yang ditetapkan untuk dolar Brunei Darussalam juga hampir sama dengan dolar Amerika Serikat. Namun ditambahkan lambang agar dapat untuk dibedakan. Lambangnya yakni B$.

Dan untuk mempermudah pengenalan dalam dunia internasional pada bidang perbankan dan ekonomi, maka ditetapkan kode ISO 4217 untuk dolar Brunei Darussalam seperti pada mata uang negara-negara lain. Untuk kode ISO 4217 yang ditetapkan untuk Brunei Darussalam sendiri teresebut yakni BND. Dimana setiap hurufnya mengandung arti yaitu huruf BNnya memiliki makna ranah internet ekstensi domain negara Brunei, dan huruf Dnya adalah inisial dari nama dolar tersebut.

Dollar Brunei Darussalam ini juga sering dijuluki sebagai Ringgit Brunei oleh masyarakatnya sendiri. Hal ini terjadi karena salah satunya pada awalnya Brunei Darussalam, Singapura, dan Malaysia bergabung bersama menggunakan mata uang dolar. Namun kemudian Malaysia keluar untuk membentuk mata uangnya sendiri yaitu Inggris. Dan pada akhirnya ketiga negara tersebut sepakat membentuk dan menggunakan mata uang negaranya masing-masing.

Produksi mata uang Brunei Darussalam juga dicetak dalam bentuk kertas dan koin. Dimana setiap uang kertas dan koin memiliki beberapa nilai agar memudahkan untuk bertransaksi. Untuk nominal dari uang kertas dolar Brunei Darsussalamnya antara lain bernilai B$1, B$5, B$10, B$50, B$100, dimana nili-nilai uang kertas ini merupakan uang kertas yang jarang digunakan untuk alat transaksi). Serta B$20, B$25, B$500, B$1000, B$10,000 yang merupakan uang kertas yang sering digunakan untuk alat transaksi. Dan untuk denominasi pecahan uang koinnya antara lain 1, 5, 10, 20, 50 sen. Dimana yang bernilai 1 sen tersebut sudah jarang digunakan, namun nilai yang lainnya masih sering dipakai untuk transaksi.

Lembaga yang bertugas untuk memproduksi mata uang Brunei Darussalam adalah Monetary Authority of Brunei Darussalam, yaitu bank sentral milik negara Brunei Darussalam.

2. Memiliki Beberapa Cetak Seri

mata uang brunei darussalam
boombastis

Mata uang Brunei Darussalam ternyata sudah dicetak dalam beberapa seri yang berbeda loh. Yaitu memiliki perbedaan pada beberapa tahun percetakannya. Sama dengan Indonesia seperti mata uang Rp50.000 yang beberapa kali berganti seri yang pertama kalinya menggunakan gambar Bapak Soeharto, kemudian Ir. H. Djuanda Kartawidjaja, lalu berganti lagi menjadi Ir. H. Djuanda Kartawidjaja, dan yang masih dicantumkan dalam penerbitan terbaru tahun 2022 ini yaitu masih bergambar Ir. H. Djuanda Kartawidjaja. Beberapa seri dolar Brunei Darussalam tersebut antara lain:

  • Seri Pertama: Tahun 1967

Produksi mata uang Brunei Darussalam pada seri pertama ini mencetak uang kertas dengan nilai-nilai nominal B$1, B$5, B$10, B$50, dan B$100 yang produksinya dilaksanakan pada bulan Juni.

Kemudian pada bulan Agustusnya dilakukan produksi kembali dalam bentuk uang koin yang memiliki denominasi pecahan 1 sen, 5 sen, 10 sen, 20 sen, dan 50 sen.  Kedua mata uang Brunei Darussalam tersebut dicetak oleh Dewan Mata Uang Brunei (BCB).

  • Seri Kedua: Tahun 1972, 1989, 1992, dan 2000

Gambar yang digunakan dalam mata uang Brunei Darussalam seri kedua ini adalah Yang Mulia Paduka Seri Baginda Sultan Haji Hassanal Bolkiah Mu’izzaddin Waddaulah ibni Al-Marhum Sultan Haji Omar Ali Saifuddien Sa’adul Khairi Waddien, yang merupakan Sultan Brunei ke-29 , Sultan dan Yang Di-Pertuan dari Brunei Darussalam.

  • Seri Ketiga: Tahun 1996, 2004, 2006, 2007, 2011 DAN 2013

Pada seri ketiga ini mata uang Brunei Darussalam dicetak menggunakan kertas polimer, dimana bahan ini baru digunakan pertama kali pada seri ini.

Denominasi yang diproduksi dalam seri ini antara lain BND 1, BND 5, dan BND 10. Kemudian tahun 2004 dengan nominal BND 50 dan BND 100. Ini dilakukan pada tahun 1996.

Kemudian pada tahun 2006 dilakukan produksi lagi dengan nilai pecahan BND 500, BND 1.000 dan BND 10.000.

Selain itu, Brunei Darussalam juga menerbitkan mata uang Brunei Darussalam untuk untuk memperingati 40 tahun Perjanjian Pertukaran Mata Uang (CIA) antara Brunei Darussalam dan Republik Singapura. Uang kertas peringatan tersebut dicetak dalam nilai BND 20. Dan diproduksi oleh BCMB dan bekerja sama dengan Monetary Authority of Singapore (MAS).

Kemudian, pada tahun 2011 kembali diproduksi dengan desain baru untuk pecahan uang kertas polimer BND 1, BND 5 dan BND 10. Lalu tahun 2013, uang seri 2011 yang bernilai BND 1 dan BND 10 diterbitkan kembali dengan peningkatan kualitas Tactile Braille.

Selain itu juga mencetak kembali BND 100 (Seri 2004) dan BND 500 (Seri 2006) dengan perubahan teknologi pencetakan, dari analog ke digital printing.

3. Keunikan Mata Uang Brunei Darussalam

mata uang brunei darussalam
deposit photos

Selain dari kedua fakta diatas, mata uang Brunei Darussalam memiliki beberapa fakta unik didalamnya. Apa saja? Berikut deskripsinya:

  • Hampir semua mata uang dolar Brunei dicantumkan gambar Sultan Hasanah Bolkiah yang merupakan Sultan Brunei Darussalam yang berdarah Minangkabau asal Piobang, Payakumbuh. Hal ini tentu berbeda dengan desain dari mata uang kita yang tiap nilai pecahannya dicantumkan gambar tokoh pahlawan yang berbeda-beda.
  • Seperti yang telah disebutkan diawal pembahasan, masyarakat Brunei lebih sering menyebut dolar Brunei dengan sebutan ringgit Brunei. Oleh karena itu, pada uang kertas dolar Brunei dicantumkan dua nama mata uang tersebut, dolar dan ringgit. Dimana bagian atasnya dituliskan nominal uang dalam bentuk ringgit, dan bagian belakangnya dalam nominal bentuk dolar.

4. Pernah Pakai Mata Uang Negara Lain?

mata uang brunei darussalam
lazada

Tahun 1941 Brunei Darussalam juga sempat dijajah oleh negara Jepang, sama halnya dengan negara Indonesia. Pada saat penjajahan tersebut pemerintah Jepang menerbitkan mata uang yang dipopulerkan penggunaannya di tempat jajahannya, Brunei Darussalam. Nama dari mata uang tersebut adalah dolar Gumpyo.

Selain itu juga sempat menggunakan mata uang dolar Malaya, yang berlaku ketika perang dunia kedua berakhir. Mata uang tersebut dicetak dan dipopulerkan oleh Lembaga Komisi Mata Uang Malaya serta Lembaga Komisi Mata Uang Malaya-Borneo Britania.

Kemudian pada tahun 1967 Brunei Darussalam baru memulai memproduksi mata uangnya sendiri. Sebelumnya negara Brunei Darussalam, Singapura, dan Malaysia sempat menggunakan mata uang yang sama karena memiliki satu produksi bank yang sama. Namun pada tahun 1973, Malaysia memisahkan diri dan memproduksi mata uangnya sendiri dengan diberi nama ringgit Malaysia. Brunei Darussalam dan Singapura masih melanjutkan penggunaan mata uang yang sama yaitu dolar, meskipun pada penetapan namanya dibedakan, yaitu dolar Brunei Darussalam dan dolar Singapura.

5. Konversi ke Rupiah

mata uang brunei darussalam
kata usmbar

Dilansir dari sumber 1 BND = 10,621.0800 IDR – MSN Money konversi mata uang Brunei Darussalam ke rupiah 1 BND nya sama dengan Rp10.621.

Jika kita hitung konversinya dari masing-masing denominasi pecahan mata uang Brunei Darussalam, akan ada nilai yang begitu mengejutkan. Yakni pecahan BND 10.000, karena jika kita konversikan ke rupiah menghasilkan nilai Rp106.210.000.

Bayangkan dalam 1 lembar uang sudah memiliki nilai 100 juta rupiah lebih. Jadi kamu perlu memperhitungkan keuanganmu dulu jika kamu memiliki rencana untuk berkunjung ke negara tersebut.

You might also like

Jenis-jenis Kain Bahan Pembuat Jaket

Ide Jualan – Jaket merupakan salah satu pakaian yan sering digunakan untuk menghangatkan badan dan melindungi tubuh dari suhu dingin. Dibeberapa Negara dengan musim dingin, jaket dan sweater menjadi kebutuhan pokok untuk digunakan sehari-hari, diluar maupun didalam ruangan. Tak hanya sebagai pakaian penghangat, jaket juga menjadi item fashion yang dapat memperindah tampilan diri. Bukan hanya […]

Ide Produk Fashion Bisnis Dropship Paling Menguntungkan

Bisnis dropship memang menjadi salah satu bisnis online yang mempunyai potensi yang besar untuk dijalankan kini, apalagi dalam bidang fashion atau pakaian. Namun tentunya, Anda perlu memahami cara menjalankan bisnis yang satu ini dengan tepat terlebih dahulu. Hal tersebut perlu dilakukan untuk bisa mendapatkan keuntungan yang optimal. Permintaan baju memang tidak akan ada matinya, ditambah […]

Simak Tips untuk Antisipasi Penurunan Penjualan Pasca Lebaran

Bisnis Dropship Tanpa Modal – Belanja online menjadi gaya hidup masyarakat modern. Tidak heran jika online shop semakin populer di kalangan masyarakat. Bisnis dropship tanpa modal juga semakin diminati banyak orang. Dalam memulai dan menjalankan bisnis tentu harus ada persiapan dan perencanaan matang. Tidak hanya itu, penerapan strategi pemasaran juga penting untuk diperhatikan. Tidak jarang […]