✓5 Fakta Mata Uang Belanda, Sempat Mengalami Perubahan?

DAVID COIN

Apa yang kalian ketahui tentang mata uang Belanda? Belanda merupakan negara yang terletak di bagian negara Eropa Barat. Lantas apakah Belanda menggunakan mata uang euro? Mata uang yang kerap digunakan oleh negara-negara bagian Eropa.

Belanda merupakan negara yang pernah menjajah Indonesia. Lantas apakah mata uang Belanda saat itu juga dibuat untuk Indonesia saat sedang masa jajahannya?

Pernah dikatakan juga bahwa mata uang negeri Belanda ini juga pernah mengalami perubahan. Apakah hal tersebut benar? Jika benar, mengapa perlu dilakukan perubahan tersebut?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, mari kita ulas secara bersama mengenai mata uang Belanda. Agar dapat membantu kalian menambah pengetahuan mengenai Belanda. Terlebih jika kalian tertarik untuk dapat berlibur di negara tersebut.

1.Mata Uang Belanda Bernama Euro

mata uang Belanda
Dreamstime com

Mata uang Belanda saat ini adalah euro. Mata uang ini merupakan mata uang yang memang hampir dijadikan mata uang negara-negara bagian Eropa. Pada Wikipedia dikatakan bahwa mata uang Belanda euro digunakan oleh 19 negara di Uni Eropa.

Euro sudah digunakan sejak bulan Januari tahun 1999, tetapi penggunaannya saat itu hanya dalam bentuk uang giral saja. Apa itu uang giral? Cari tahu pada Uang Giral Adalah, Temukan Kelebihan Hingga Manfaatnya (idejualan.com)

Untuk bentuk fisik atau uang kartalnya baru diterbitkan dan mulai dipakai pada bulan Januari tahun 2002. Untuk gambar pada uang kertas memiliki desain dan yang sama, namun dengan gambar yang dicantumkan berbeda. Nominal 5 memiliki gambar arsitektur klasik dengan warna abu-abu.

Nominal 10 menggunakan gambar arsitek romanesque dengan warna merah. Nilai 20 memiliki warna biru dengan desain arsitektur gotik. Nominal euro 50 berwarna orange dengan gambar bangunan renaisans. 100 euro bergambar bangunan barok dan rakoko dengan warna hijau, serta 200 euro berwarna kuning dengan gambar arsitektur art nouveau.

Untuk uang logam koinnya memiliki bentuk depan yang sama, namun desain belakang yang berbeda-beda disetiap negara Uni Eropa yang menggunakannya. Yaitu dengan menonjolkan lambang identitas masing-masing negara.

Mata uang Belanda euro ini merupakan urutan kedua dari mata uang cadangan yang paling banyak diperdagangkan setelah urutan pertama yaitu dollar Amerika Serikat.

Euro dibagi menjadi 100 sen. Untuk uang koinnya, euro memiliki nominal berikut €2, €1, 50c, 20c, 10c, 5c, 2c, dan 1c. Atau 2 euro, 1 euro, 50 sen, 20 sen, 10 sen, 5 sen, 2 sen, dan 1 sen.

Untuk menghindari penggunaan uang koin terkecil, di negara Belanda transaksi tunai dibulatkan ke lima sen terdekat. Hal ini juga dilakukan di negara Irlandia.

2.Pernah Mengalami Perubahan dari Gulden ke Euro

Awalnya, pada abad ke-14 Belanda menggunakan mata uang yang berasal dari negara Italia. Yang mana mata uang tersebut juga digunakan di beberapa negara bagian Eropa Utara. Mata uang tersebut merupakan uang koin florin.

Pada abad ke-17, Belanda mulai menggunakan mata uang gulden yang digunakan untuk menggantikan koin florin. Tepatnya, gulden resmi menjadi mata uang Belanda saat tahun 1816. Uniknya, pada koin gulden diberikan tulisan yang berarti “Tuhan bersama kita”. Hal tersebut unik karena gulden baru menjadi uang pertama yang mencantumkan hal semacam itu.

Hal itu ternyata dilakukan dengan tujuan untuk melindungi nilainya dan mencegah orang mengikis lapisan perak pada koin tersebut. Karena terdapat atas nama Tuhan. Sehingga diharapkan membuat orang segan merusak koin tersebut.

Nama gulen ini memiliki arti kata emas, yang mana katanya merupakan kata sifat dari bahasa Belanda pertengahan. Dengan nama ini, menunjukkan bahwa koin gulden itu terbuat dari emas asli. Simbol dari gulden adalah huruf “f” atau “fl” Hal ini memiliki arti di bahasa Indonesia adalah florin.

Namun kemudian pada tahun 2002, gulden digantikan dengan euro yang berlaku hingga saat ini. Diantara tahun 1999 hingga 2002 gulden secara resmi menjadi subunit nasional untuk mata uang euro. Tetapi untuk pembayaran fisiknya masih hanya bisa menggunakan gulden, karena belum ada uang kertas atau koin (kartal) bentuk euro yang tersedia. Seperti yang dikatakan diatas, bahwa diawal resminya penggunaan euro sebagai mata uang, euro masih hanya bisa digunakan dalam bentuk uang giral saja.

Pada tahun 20014, mata uang Belanda gulden suriname diubah menjadi dollar suriname. Hal tersebut dilakukan karena gulden Suriname mengalami hiperinflasi. Kemudian uang 1.000 gulden Suriname diganti 1 dolar. Untuk uang gulden koin bisa ditukarkan di bank sentral Belanda hingga bulan Januari tahun 2007 lalu. Namun untuk jenis kertas masih bisa ditukar hingga 1 Januari 2032, dengan pengecualian tertentu.

3.Gulden Pernah Mencapai Nilai Tertinggi

Sebelum digantikan dengan euro, mata uang Belanda gulden ini sempat mencapai nilai tertinggi yaitu pada tahun 1914. Yang mana nilai dari 2,46 Gulden sama dengan 1 USD. Jika dibandingkan, pada tahun itu, 1 gulden bisa digunakan untuk membeli sembako dengan jumlah yang sama dengan 10,02 USD pada Desember 2017.

Mata uang Belanda gulden juga pernah menjadi mata uang paling stabil diantara mata uang lainnya. Hal tersebut terjadi pada masa-masa perang. Bahkan menjadi menjadi uang paling tinggi setelah mata Poundsterling dan Pound yang merupakan mata uang Britania Raya. Mata uang ini merupakan mata uang tertua di dunia. Britania Raya juga merupakan negara Uni Eropa, namun tidak menggunakan mata uang euro. Negara lain yang juga berkebijakan sama yaitu negara Denmark dan Swedia.

4.Mata Uang Dimasa Penjajahan Belanda

mata uang Belanda
Boombastis

Sekitar tahun 1821-1900, pemerintah Hindia-Belanda yang sedang melakukan penjajahan di negara Indonesia, saat itu mendapatkan perlawanan dari penguasa-penguasa lokal Indonesia. Sehingga, karena hal itu terjadi beberapa perang. Perang-perang tersebut menelan biaya yang begitu besar. Sehingga keuangan Hindia-Belanda menjadi kosong.

Namun, pemerintah Hindia-Belanda berusaha untuk mengisi kasnya yang kosong dengan cara menjual tanah kepada perusahaan perkebunan swasta. Hingga untuk menggaji pekerja perkebunannya, pemerintah menciptakan uang berupa token perkebunan yang dapat berlaku dan beredar ditempat tertentu saja.

Cara lainnya adalah dengan menyiksa warga lokal Indonesia dengan menciptakan sistem tanam paksa atau kultuurstelsel, dimana rakyat Indonesia dipaksa menanam tebu, kopi, karet dan teh yang sangat laku di pasaran internasional.

Kemudian, pada masa ini dilakukan pencetakan berjuta-juta keping mata-uang dengan pecahan Satu dan Dua Sen. Dan pada pemerintahan Raja Willem I, gulden koin nominal 2,5 baru diterbitkan. Pada masa ini uang yang diedarkan dan digunakan adalah mata uang sen dan gulden tersebut. Yang memiliki beberapa nominal antara lain:\

  • 50 Sen
  • 25 Sen
  • 10 Sen
  • 5 Sen
  • 2 Sen
  • 2 Gulden

Selain itu, uang lain yang digunakan saat masa penjajahan Belanda di Indonesia yaitu:

-Sen atau disebut juga paser. Berlaku pada tahun 1856 hingga 1945.

-1 sen berlaku pada tahun 1855 hingga 1945.

-2 sen atau benggol atau gobang. Berlaku dari tahun 1856 hingga 1945.

-5 sen atau ketip berlaku dari tahun 1854 hingga 1922.

-1 per sepuluh gulden atau disebut picis. Berlaku dari tahun 1854 hingga1945.

-1 per 4 gulden atau disebut talen yang berlaku mulai 1826 sampai 1945.

-1 gulden atau perak berlaku dari 1821 sampai 1840.

-5 gulden digunakan mulai 1821 hingga 1840.

-Dan beberapa lainnya.

5.Konversi Mata Uang Belanda ke Rupiah

1 Euro sama dengan Rp15.079,10 menurut 1 EUR = 15,079.1000 IDR – MSN Money

Sedangkan 1 gulden sama dengan Rp8.149,78 dilansir dari Konversikan Gulden Antillen Belanda ke Rupiah Indonesia (ANG/IDR) (valutafx.com)

You might also like

Musim Hujan, Peluang Bisnis Reseller Jas Hujan Terbuka Lebar

Bisnis Reseller – Memasuki musim penghujan, jas hujan merupakan kelengkapan berkendara yang harus dibawa oleh pengguna sepeda motor. Jas hujan wajib dimiliki oleh siapa saja, apalagi Indonesia merupakan salah satu negara dengan curah hujan yang tinggi. Kebutuhan jas hujan sebagai kelengkapan berkendara bagi pengendara motor sangat penting terutama di musim penghujan saat ini. Hal tersebut […]

1 Gram Berapa Ons Ya? Ini Penjelasannya!

1 gram berapa ons mungkin masih menjadi pertanyaan di benak kamu. Bagaimana sih cara menghitung gram ke ons atau sebaliknya? Kan di tangga urutan satuan berat tidak adan satuan ons? Mungkin dari kamu banyak yang mempertanyakan hal ini. Untuk mencari jawabannya dimana datuan ons, dan apa jawaban dari 1 gram berapa ons, kamu wajib banget […]

3 Tips Sukses untuk Menjalankan Bisnis Dropship Sebagai Usaha Sampingan

Bisnis Dropship – Akhir-akhir ini pada kondisi yang serba kacau karena pandemi dan terdapat banyak orang yang beraktivitas di rumah saja. Peluang yang paling dapat dijangkau oleh orang-orang yang bekerja di rumah saja adalah menjalankan usaha online. Bahkan untuk Anda yang juga bekerja di luar rumah, namun tetap ingin menambah penghasilan Anda, Anda dapat memikirkan […]