✓5 Fakta Mata Uang Timor Leste, Punya 2 Mata Uang Berbeda?

Intisari Online Grid ID

Timor Leste merupakan negara yang terbentuk setelah memisahkan diri dari Negara Indonesia. Apakah kalian pernah bertanya-tanya mengenai mata uang Timor Leste? Apakah karena berasal dari negara Indonesia, Timor Leste juga menggunakan mata uang rupiah? Atau memiliki mata uangnya sendiri?

Awalnya Timor Leste dianeksasi oleh Indonesia pada tahun 1975 dan dijadikan salah satu provinsi di Indonesia dengan urutan ke dua puluh tujuh, yang saat itu masih menggunakan nama Timor Timur. Namun kemudian, melalui referendum yang juga disponsori PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) Timor Timur mengungkapkan ingin melepaskan diri dari negara Indonesia untuk merdeka membentuk negaranya sendiri.

Hingga tahun 2002 Timor Timur resmi merdeka dari Indonesia dan diakui secara internasional sebagai suatu negara. Timor Timur juga mengganti nama mereka menjadi Timor Leste berasal dari nama Portugis, negara yang menjajah wilayahnya dulu pada abak ke-16.

Jadi, mata uang Timor Leste apa namanya? Temukan jawabannya dalam 5 fakta mata uang Timor Leste berikut.

1. Pernah Menggunakan Mata Uang Indonesia

Mata uang Timor Leste
Wikipedia

Setelah melalui proses memerdekakan negaranya sendiri dengan diorganisasi oleh PBB (Persatuan Bangsa-Bangsa), Timor Timur mulai diakui secara internasional dan secara sah telah merdeka menjadi negara sendiri dengan menetapkan nama “Timor Leste” yang diambil dari nama Portugis, negara yang menjajah wilayah Timor Timur pada abad ke enambelas.

Lebih lengkapnya namanya ditetapkan dengan nama Republik Demokratik Timor Leste. Yang mana, sejak pergantian namanya tersebut, Timor Leste menggunakan mata uang dollar Amerika Serikat dan Rupiah Indonesia.

Namun, pada tahun 2000 Timor Leste memutuskan dan menetapkan untuk menghapuskan rupiah dari negaranya dan hanya menggunakan dollar Amerika Serikat sebagai mata uang mereka dan digunakan untuk alat transaksi yang sah. Dollar ini baru diperkenalkan sebagai mata uang Timor Leste secara resmi pada tahun 2003.

Selain dollar AS ternyata juga menggunakan dollar Australia dan Escudo untuk dijadikan mata uang negara mereka. Yang mana mata uang tersebut digunakan dikalangan-kalangan yang elit dimana mereka mengelilingi operasi UNTAET dan lembaga-lembaga bantuan lainnya.

Namun meskipun begitu, masih banyak yang mengatakan bahwa mata uang Indonesia yaitu rupiah masih tetap digunakan di negara Timor Leste, namun pada wilayah yang terpencil dengan ekonomi yang rendah. Dengan kata kasarnya wilayah tersebut sebagai wilayah warga miskin yang tinggal di wilayah hancur dan terpinggirkan.

2. Mata Uang Timor Leste Memiliki Biaya Tinggi

Mata uang Timor Leste
Wikipedia

Karena mata uang Timor Leste menggunakan mata uang dari negara lain yaitu menggunakan dollar Amerika Serikat, Australia, dan Escudo, negara harus mengimpor uang tersebut dari negara asal.

Dikatakan bahwa biaya untuk mengimpor mata uang dollar tersebut memakan biaya yang begitu tinggi. Belum lagi, ketika ada uang yang rusak dan butuh dipulangkan. Biaya pemulangan tersebut juga dikatakan menggunakan biaya yang sangat tinggi.

Disebutkan bahwa uang dollar kertas Amerika Utara yang paling banyak membutuhkan biaya karena memerlukan keamanan yang tinggi.

Sehingga dari hal inilah, yang menyebabkan banyak yang menyatakan bahwa Timor Leste masih memiliki ekonomi yang belum kokoh.

Selain itu, banyak juga yang mengatakan dari pengalaman mereka bahwa harga-harga di negara Timor Leste terbilang cukup mahal. Misalnya sekali makan bisa mencapai Rp40.000 atau hanya air mineral bisa mencapai Rp9.000.

3. Pernah Salah Paham Menggunakan Gambar Pakaian Adat Rote Ndao NTT pada Mata Uang Timor Leste

Mata uang Timor Leste
Suara Kaltim

Pada tahun 2021, pernah diributkan di media sosial bahwa mata uang Timor Leste menggunakan desain gambar pakaian adat Rote Ndao Nusa Tenggara Timur. Uang yang dibicarakan tersebut didalamnya tercantum kalimat Banco Central De Timor Leste Cem Dolares One Hundred Dollars. Yang mengistilahkan bahwa nominal uang tersebut yaitu 100 dollar dan dari negara Timor Leste.

Selain kalimat yang tercantum tersebut. Desain dari mata uang tersebut adalah gambar pasangan pria dan wanita yang memakai pakaian adat asal Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Dengan warna coklat dan merah.

Setelah terjadi perdebatan tersebut, Konsul Republik Demokratik Timor Leste di Kupang, Jesuino Dos Reis Matos C memberikan klarifikasi saat diwawancarai oleh para wartawan. Beliau mengatakan bahwa negara Timor Leste secara resmi masih menggunakan mata uang dollar. Sehingga foto uang yang beredar tersebut tidak benar jika berasal dari negara Timor Leste.

Beliau juga menduga bahwa orang-orang dari Nusa Tenggara Timurnya sendiri yang mengkreasikan desain mata uang yang fotonya menjadi perdebatan tersebut.

Selain onsul Republik Demokratik Timor Leste di Kupang, Jesuino Dos Reis Matos C, Duta Besar Indonesia Untuk Republik Demokratik Timor Leste, Sahat Sitorus juga melakukan klarifikasi akan hal yang menjadi perdebatan tersebut. Beliau mengatakan bahwa sudah dilakukan pengecekan ke bank sentral di negara Timor Leste. Dan benar jika uang tersebut adalah uang palsu atau informasi hoax saja.

4. Menggunakan Dua Mata Uang

Mata uang Timor Leste
Wikipedia

Selain dikatakan bahwa di wilayah wilayah terpencil yang memiliki ekonomi rendah di negara Timor Leste masih menggunakan mata uang Indonesia yaitu rupiah, ternyata negara Timor Leste menggunakan 2 mata uang yang berbeda pula yang dianggap secara sah sebagai alat transaksi di negara tersebut. Kedua mata uang tersebut adalah dollar yang memang menjadi mata uang Timor Leste sejak memerdekakan negaranya, dan yang satunya adalah mata uang negaranya sendiri yang diberi nama centavo.

Namun ternyata, mata uang Timor Leste bernama centavo ini juga bukan diproduksi atau dicetak langsung oleh bank sentral negaranya. Melainkan diproduksi dan dipasok oleh negara Portugal.

Bentuk dari centavo ini adalah koin. Negara Timor Leste belum memiliki mata uang kertas, karena mata uang kertas yang digunakan adalah dollar.

Bentuk dari centavo koin ini memiliki diameter 25,5 milimeter dan berat 8,46 gram, koin ini memiliki inti tengah berwarna emas dan bagian luar berwarna perak. Nominal uang koin ada yang bergambar hiasan kepala tradisional yang digunakan di Timor Leste pada bagian depannya. Dan bagian belakangnya bergambar Matebian, gunung tertinggi kedua di Timor Leste serta tempat-tempat yang menjadi tempat perlindungan bagi elemen perlawanan yang melawan pendudukan Indonesia, kerbau dan sawah, elemen sentral budaya dan ekonomi nasional.

Nilai pecahan dari mata uang centavo koin ini sama persis dengan dollar AS yaitu bernilai 1, 5, 10, 25, 50, dan 100.

Dikatakan bahwa Timor Leste mengakui bahwa penggunaan mata uang dollar Amerika Serikat memang menjadi nilai pecahan yang lebih tinggi daripada mata uang centavo dalam penggunaan oleh masyarakat Timor Leste. Nilai dan bentuk yang digunakan juga diklaim sama persis dengan dollar Amerika Serikat.

Dikatakan oleh pemerintah Timor Leste bahwa kebijakan pembuatan dan penggunaan mata uang centavo koin digunakan untuk mengurangi pengeluaran negara. Dan mengganti penggunaan uang kertas dollar dengan koin centavo tersebut.

5. Konversi Mata Uang Timor Leste ke Rupiah

Karena mata uang negara Timor Leste menggunakan dollar AS dan juga mata uang asli negaranya sendiri juga memiliki nilai yang sama persis dengan dollar. Maka hasil dari konversinya ke rupiah menurut 1 USD = 14,665.0000 IDR – MSN Money yaitu 1 USD atau 1 Centavo sama dengan 14.665 rupiah.

You might also like

5 Cara Mudah Menjadi Reseller Online yang Sukses

Bisnis Reseller Online – Untuk memulai bisnis tanpa modal menjadi sebuah alternatif pekerjaan yang sangat diminati oleh banyak orang terlebih pada saat masa pandemi seperti ini. Menjadi seorang dropship atau reseller adalah salah satu cara yang cukup menguntungkan untuk memulai sebuah bisnis tanpa modal. Bisnis reseller online adalah jenis usaha dimana yang terpenting adalah Anda […]

Kesalahan Membangun Bisnis

Ide Jualan -Membangun bisnis bukan hanya harus memerlukan modal yang besar agar bisnisnya sukses, namun ada beberapa hal lain yang dapat menunjang kesuksesan bisnis yang Anda jalani. Beberapa orang menganggap modal adalah faktor utamanya sehingga dia menganggap sepele dengan kesalahan – kesalahan kecil di bisnisnya. Kesalahan kecil yang Anda anggap sepele tersebut yaitu: 1. Perencanaan […]

Hasil Memuaskan dengan Menjalankan Bisnis Dropship Secara Tepat

Bisnis Dropship – Akhir-akhir ini di zaman yang milenial ada berbagai macam aktivitas online yang produktif dan dapat menghasilkan uang. Salah satu pilihannya adalah menjalankan bisnis dropship. Bisnis yang satu ini sangat cocok dijalankan untuk Anda yang ingin menjalankan atau membangun sebuah bisnis tanpa harus banyak mengeluarkan modal biaya. Dropship ini merupakan sebuah sistem bisnis […]