✓5 Fakta Mata Uang Rusia, Mata Uang Tertua di Dunia?

✓5 Fakta Mata Uang Rusia, Mata Uang Tertua di Dunia?

Mata uang Rusia merupakan mata uang tertua di dunia? Temukan jawabannya.

Rusia merupakan negara hasil pecahan Uni Soviet. Dan ternyata Rusia adalah negara yang memiliki wilayah terluas dari seluruh negara di dunia.

Dilihat secara geografis, negara Rusia merupakan negara yang letaknya berada diantara dua benua. Yaitu benua Eropa dan benua Asia.

Di Rusia, terdapat gunung yang ternyata juga merupakan gunung tertua di dunia. Nama dari gunung tersebut adalah Pegunungan Ural atau Pegunungan Riphean.

Selain gunung, ternyata juga memiliki danau yang diklaim sebagai danau terdalam dan juga tertua di dunia. Nama dari danau tersebut adalah Danau Baikal yang letaknya berada di Siberia Timur.

Namun, pada pembahasan kali ini kita tidak akan mengulik keunikan-keunikan lain dari negara Rusia. Melainkan akan menilik fakta-fakta dari mata uang Rusia tersebut.

Penasaran apa saja fakta-faktanya? Simak sampai habis.

1. Mata Uang Rusia Bernama Rubel

Mata uang Rusia
Russia Beyond

Nama mata uang di negara Rusia yaitu rubel atau ruble atau rouble. Mata uang Rusia ini sudah ditetapkan sejak tahun 1700 yaitu pada zaman kekaisaran Rusia.

Dalam bahasa Rusia penulisan rubel sendiri dituliskan menjadi рубль. Dan simbol yang ditetapkan yaitu simbol “₽”. Serta penulisannya dalam kode ISO 4217 yaitu dengan singkatan huruf “RUB’.

Saat itu Rusia masih memakai nama negara Uni Soviet. Dan pada saat itu, rubel ini sangat populer digunakan sebagai alat transaksi oleh warganya.

Ternyata, produksi dari mata uang Rusia antara bentuk kertas dan koin memiliki perbedaan tempat percetakan. Untuk rubel kertas dicetak di Goznak, yaitu perusahaan saham gabungan. Sedangkan rubel koinnya, dicetak oleh Saint Petersburg Mint dan Moscow Mint, yang mana kedua perusahaan tersebut masih berada dibawah perusahaan Goznak.

2. Rubel Merupakan Mata Uang Tertua Kedua Di Dunia

Rubel, ternyata sudah ditemukan sejak abad ke empatbelas. Inilah mengapa mata uang Rusia tersebut ditetapkan menjadi mata uang yang tertua di dunia namun dalam urutan kedua.

Pada urutan pertama mata uang tertua di dunia yaitu Pound Sterling. Yang mana ditemukan sejak tahun 775. Pemilik dari mata uang tertua pertama di dunia tersebut adalah Britania Raya.

Pada abad ke empatbelas tersebut, nilai rubel setara dengan uang logam perak atau yang saat itu lebih dikenal dengan sebutan “kopek”. Nilai dari 1 rubel saat itu sama dengan 100 kopek.

Penggunaan nama rubel ini baru digunakan tahun 1704 saat kaisar Rusia yang pertama berkuasa adalah Tsar Peter I. Beliau lah yang mencetak rubel kertas dan koin perak pertama kali.

Saat itu yang menjadi alat transaksi utama adalah rubel koin peraknya. Sedangkan untuk rubel kertas hanya sebagai pendukung alat transaksi.

Saat itu, mulai terjadi perang dunia pertama. Yang mana hal ini menyebabkan rubel terancam eksistensinya hingga sampai pada titik rubel tidak berharga. Hal ini terjadi akibat revolusi Rusia dan perang saudara.

Karena hal itu, kemudian diluncurkan mata uang koin baru yaitu dalam bentuk koin emas yang diberi nama chervonet. Mata uang inilah yang pada saat itu mulai diperkenalkan dan digunakan sebagai alat transaksi negara Uni Soviet.

Kemudian, setelah terjadinya perang dunia kedua, mata uang Rusia rubel kembali dipulihkan keadaannya. Dan mata uang chervonet mulai ditinggalkan.

3. Pernah Devaluasi Mata Uang Ketika Runtuhnya Uni Soviet

Pada tahun 1991, Uni Soviet mengalami keruntuhan. Peristiwa ini membuat permasalahan ekonomi timbul. Yaitu turunnya saham indeks negara Rusia yang penurunannya hinga 17 persen.

Selain itu, di jalanan-jalanan, harga dari 1 USD hanya senilai dengan 11 rubel. Padahal pada normalnya nilai tukar 1 USD tersebut sama dengan 6,3 rubel.

Oleh karena itu, pada saat itu rubel versi Uni Soviet ini dihentikan edarannya, dan digantikan dengan peluncuran mata uang Rusia baru yang tetap dinamakan rubel Rusia. Namun, hal itu dilakukan denominasi sebesar 5.000 hingga 10.000. Dan pada tahun 1993, rubel Uni Soviet ini benar-benar diberhentikan dan larang diperugunakan.

4. Penentuan Simbol Rubel Yang Unik Yaitu Melalui Polling Internet

Telah kita ketahui dari pembahasan diatas, bahwa simbol dari mata uang Rusia rubel adalah  “₽”. Namun, apakah kalian tahu bahwa penentuan simbol mata uang Rusia ini memiliki cara yang unik dan berbeda dari penentuan simbol mata uang negara-negara lain?

Ternyata, penentuan simbol mata uang Rusia rubel ini dilakukan melalui polling internet. Polling internet ini dibentuk dan dilakukan oleh Bank of Russia kepada seluruh warga Rusia dalam waktu selama satu bulan penuh.

5. Fakta Rubel Kertas dan Koin

Diatas kita telah ketahui bahwa ternyata rubel kertas dan koin ini pada awalnya dicetak melalui dua tempat yang berbeda. Mari kita ulang.

Rubel kertas dicetak di Goznak, yaitu perusahaan saham gabungan. Sedangkan rubel koinnya, dicetak oleh Saint Petersburg Mint dan Moscow Mint, yang mana kedua perusahaan tersebut masih berada dibawah perusahaan Goznak.

Namun selain itu, terdapat fakta lainnya mengenai rubel kertas dan koin tersebut yaitu:

Rubel koin dijadikan standardisasi dengan 28 gram perak. Hal ini dilakukan oleh Pyotr Agung Kaisar Rusia, yang mana beliau adalah yang melakukannya pertama kali. Kemudian pada tahun 1885, rubel koin mulai dilakukan standardisasi lagi, namun tanpa mengubah rubel perak. Melainkan melakukan pengurangan pada kandungan emasnya.

Serta seperti yang telah dikatakan diatas, bahwa rubel koin ini dijadikan sebagai alat transaksi utama dari mata uang Rusia saat masa pemerintahan Nikolai I Rusia.

Sedengkan mata uang kertasnya hanya dijadikan sebagai alat transaksi bantu.

Nominal Mata Uang Rusia Kertas dan Koin

Untuk nominal dari mata uang rubel kertas yaitu memiliki jumlah yang banyak dibandingkan dengan jumlah pecahan nominal mata uang Indonesia. Yaitu rubel memiliki 15 nominal uang kertas yaitu: 1 rubel (Transnistria), 5 rubel (Transnistria), 10 rubel, 20 rubel (Belarus), 25 rubel (Transnistria), 50 rubel, 100 rubel, 500 rubel, 1000 rubel, 5000 rubel, 10.000 rubel (Belarus), 20.000 rubel (Belarus), 50.000 rubel (Belarus), 100.000 rubel (Belarus), dan 200.000 rubel (Belarus).

Sedangkan untuk nominal uang koinnya yaitu: 1 kopek, 5 kopeks, 10 kopeks, 25 kopeks (Transnistria), 50 kopek, 1 rubel, 2 rubel, 5 rubel, 10 rubel.

Gambar dari Uang Rubel Kertas

Sama dengan Indonesia, setiap uang kertasnya memiliki gambar yang berbeda-beda. Untuk deskripsi gambar dari setiap uang kertas tersebut adalah sebagai berikut:

  • 5 rubel: Bergambar Millenium of Russia Monument dan Fortress Wall
  • 10 rubel: Bergambar Komunalny Bridge dan Krasnoyarsk Hydroelectric Plant
  • 50 rubel: Bergambar Rostral Column Sculpture dan Old Saint Petersburg Stock Exchange and Rostral Columns
  • 100 rubel: Bergambar Quadriga dan The Bolshoi Theatre
  • 200 rubel: Bergambar Monument to the Sunken Ships dan Bangunan Chersonesus
  • 500 rubel: Bergambar Monument to Peter the Great dan Solovetsky Monastery
  • 500 rubel: Bergambar Monument to Nikolay Muracyov-Amursky dan Khabarovsk Bridge
  • 1000 rubel: Bergambar Monument to Yaroslav I the Wise dan John the Baptist Church
  • 2000 rubel: Bergambar Russky Bridge dan Vostochny Cosmodrome

Konversi Rubel ke Rupiah

Mata uang Rusia
RBTH Indonesia

Saat ini menurut Kurs 1 Rubel Rusia ke Rupiah Indonesia. Konversi RUB/IDR – Wise 1 mata uang Rusia rubel sama dengan 242,34 rupiah.

Penulis: Sheila Octarina Nur Azizah

You might also like