Satu Galon Berapa Liter? Ini Dia Jawaban dan Penjelasannya

aplikasi super

Satu Galon Berapa Liter? Kalian pensaran nggak sih sama jawaban pertanyaan itu? Kita-kita yang tinggal di daerah dengan jenis air berkapur, tentu lebih memilih membeli galon untuk persediaan air minum dirumah ataupun untuk masak. Karena menurut beberapa sumber, mengkonsumsi air dengan zat kapur memiliki dampak yang kurang baik jika dikonsumsi secara terus menerus.

Oleh karena itu, banyak dari kita yang memilih untuk membeli galon untuk menjadi persediaan. Selain daerah yang memiliki jenis air kapur. Banyak juga yang memilih untuk membeli air galon karena beberapa alasan. Salah satunya agar mengirit tenaga untuk memasak air.

Jaman sekarang sudah banyak dispenser-dispenser yang bisa untuk digunakan mengambil air dalam suhu yang panas karena teknologi canggih yang dimilikinya. Sehingga tidak perlu repot-repot untuk memasak.

Saat ini juga banyak galon yang cara pemasangannya lebih mudah daripada dulu, jadi baik cowok maupun cewek kemungkinan besar bisa untuk memasangnya. Jika tidak, juga bisa menggunakan jasa antar dan pasang galon dari distributornya.

Selain itu, saat ini juga sudah ada alat pompa galon, sehingga galon tidak perlu dipasang, namun bisa memasang alat pompa pada bagian leher galon.

Jadi satu galon berapa liter? Yuk temukan jawabannya bersama-sama.

Perbedaan Makna Galon

satu galon berapa liter
rukita

Ketika kita mendengar istilah “galon” yang biasanya muncul dalam benak pikiran kita adalah tabung air mineral. Tapi, apakah kalian tahu kalau ternyata istilah “galon” itu memiliki artinya sendiri dalam satuan ukur.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) arti dari kata galon ternyata adalah satuan takaran barang cair (bensin dan sebagainya). Bukan merupakan sebuah barang penampung air mineral.

Dan sedangkan menurut Wikipedia Indonesia Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas, arti dari kata galon memiliki arti ukuran volume yang digunakan dibeberapa daerah di dunia yaitu daerah Eropa Barat dan di Amerika Serikat. Dan menurut sumber tersebut, nilai dari galon tersebut berbeda-beda, tergantung lokalitas dan komoditasnya.

Di beberapa tempat, istilah satuan ukur galon ini digantikan dengan satuan ukur liter. Sehingga terdapat konversi yang akan terjadi dari galon ke liter. Sesuai dengan pertanyaan satu galon berapa liter.

Namun, ternyata setiap daerah juga memiliki perbedaaan konversi dari galon ke liter. Yang di beberapa daerah itu ditemukan perbedaan antara lain ada menurut satuan imperial, galon AS, dan juga galon kering AS. Galon AS sendiri dipakai di daerah Britania Raya dan Canada. Untuk ukuran imperial ataupun galon AS juga sering digunakan di beberapa negara berbahasa inggris lainnya.

Sejarah Kata Galon

Kata galon sendiri berawal dari bahasa Prancis Kuno Utara, yang dalam bahasa tersebut penulisannya adalah galun. Namun juga sebenarnya lazim disebutkan dengan bahasa lain dengan istilah yang berbeda. Seperti dalam bahasa Prancis Kuno disebut gellet yang berarti mangkok. Awalnya istilah galon ini digunakan untuk menakar minuman anggur di dalam bir. Penggunaan ini berlaku di negara Inggris.

Liter

Jika dilansir dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) arti dari istilah liter yaitu satuan dasar ukuran isi. Sedangkan dari Wikipedia Indonesia, istilah ini berarti unit pengukur volume. Liter bukan termasuk dalam satuan ukur internasional (SI), namun penggunaannya diterima dalam standar ukur internasional. Karena unit ukur volume dalam SI yang sebenarnya adalah meter kubik.

Tidak ada standar internasional yang ditetapkan untuk kapan penggunaan istilah liter dan kapan penggunaan istilah meter kubik. Namun terdapat kebiasaan yang dijadikan patokan yaitu. Jika liter biasanya digunakan untuk pengukuran menurut kapasitas atau ukuran wadahnya (misalnya cairan). Sedangkan meter kubik penggunaannya diigunakan untuk melakukan pengukuran barang-barang yang dapat diukur menurut dimensi mereka. Misalnya volume box, dan lain-lain.

Saat sekolah, kita pernah diajarkan mengenai satuan ukur yang umum digunakan yaitu seperti km, hm, dam, m, dm, cm, mm. Nah, liter ini juga bisa dikonversikan ke dalam satuan-satuan ukur tersebut.

Berikut konversi yang sangat umum. Yaitu: 1 l = 1 dm³ = 1.000 cm³ = 1.000 cc

Simbol dari liter adalah huruf l kecil atau huruf besarnya, L. Huruf l kecil yang lebih melengkung (ℓ) juga umum digunakan, tetapi tidak diterima oleh Biro Internasional untuk Ukuran dan Timbangan (BIPM yang dalam bahasa Prancis memiliki kepanjangan Bureau international des poids et mesures). 

Satu Galon Berapa Liter?

Jadi satu galon berapa liter sih? Yuk kita jawab bersama.

Telah dijelaskan diatas bahwa terdapat perbedaan ukuran antara jenis-jenis istilah galon yang dipergunakan dibeberapa daerah yang berbeda. Nah, dari beberapa jenis tersebut masing-masing ukuran konversi dari galon ke liter adalah sebagai berikut:

Satu galon berapa liter?

-Galon satuan imperial sama dengan 4,546 L

-Galon AS sama dengan 3,79 L

-Galon kering AS sama dengan 4,40 L

Namun, itu baru jawaban dari satu galon berapa liter dalam istilah galon dengan satuan ukur. Sedangkan, telah kita ketahui juga, bahwa terdapat perbedaan antara istilah galon dalam satuan ukur dengan persepsi di Indonesia bukan?

Persepsi di Indonesia lebih umum mengartikan bahwa galon itu sama dengan tabung yang digunakan untuk menampung air. Dan dalam satu galon tersebut appakah juga berisi sekitar 4,546 L sama dengan galon satuan imperial, atau 3,79 L sama dengan galon AS, atau malah 4,40 L sama dengan galon kering AS.

Ternyata pilihan tersebut semuanya salah. Karena umumnya, galon dalam istilah tabung untuk tampungan air mineral berisi 5 kali ukuran galon satuan ukur. Sehingga untuk mengetahui satu galon berapa liter dalam istilah galon adalah tabung penampung air mineral. Mari kita hitung bersama.

Satu galon berapa liter?

-Jika dikalikan dengan galon satuan imperial

5 x 4,546 L= 22,73 liter

-Jika dikalikan dengan galon AS

5 x 3,79 L = 18,95 liter

-Jika dikalikan dengan galon kering AS

5 x 4,40 L = 22 liter

Ukuran Galon Merek di Indonesia

satu galon berapa liter
Kompas money

Jika kita cari tahu mengenai ukuran yang diberikan merek-merek air mineral yang ada di Indonesia dalam satu galonnya, umumnya memberikan isian sebanyak 19 liter dalam satu galon. Merek-merek tersebut antara lain Aqua, Ades, Vit, dan lainnya. Sedangkan salah satu merek air mineral yang juga cukup terkenal di Indonesia yaitu Le Minerale memberikan isian sebanyak 15 liter.

Satu galon berapa liter? Sehingga dapat disimpulkan bahwa beberapa merek di Indonesia menggunakan perhitungan ukur menggunakan 5 kali galon AS.

Hal ini tentu dapat kita buktikan dengan cara menakar satu isian galon yang masih full belum diambil sama sekali. Kita bisa menyiapkan gelas ukur satu liter dan wadah lain untuk menampung air mineral tersebut terlebih dahulu.

Coba untuk ambil setiap 1 liter dan hitung berapa kali kamu melakukan perulangan pengambilan tersebut. Kemungkinan besar dan dapat dipastikan kamu akan mengambil sebanyak 18 kali. Dan pasti dalam galon masih akan tersisa sejumlah air yang kemungkinan jika diukur akan menghasilkan nilai 0,95 liter.

Namun mengapa dalam kemasan atau dalam pemberian informasinya dituliskan angka 19 liter? Hal itu tentu karena pemberlakukan bulatan. Yaitu jika angka dibelakang adalah 5 atau 5 keatas, maka hasil pecahan tersebut dibulatkan ke atas untuk memudahkan pembacaan ukuran.

Jadi satu galon berapa liter? Jawabannya adalah 18,95 dan dibulatkan menjadi 19 liter untuk istilah galon sebagai alat penampung air mineral.

You might also like

Strategi Jitu Mengenali Kompetitor dalam Bisnis Drophsip

Adanya persaingan ketika menjalankan bisnis dropship menjadi salah satu tantangan yang dihadapi banyak dropshipper. Tapi, persaingan ternyata adalah hal yang positif. Hal tersebut menandakan bahwa ada demand besar terhadap produk yang Anda jual. Namun supaya Anda mampu bersaing, Anda tentu perlu melakukan analisis kompetitor untuk kategori produk yang Anda pasarkan. Persaingan pasar juga bisa membantu […]

Bingung Bisnis Apa Saat Pandemi? Reseller Online Solusinya

Bisnis Reseller – Ketika pandemi seperti sebagian besar orang mengalami kesusahan dalam hal ekonomi dan mungkin sedang memikirkan ingin membuka usaha seperti apa yang bisa dilakukan pada saat seperti ini. Tentunya untuk menjadi reseller dibutuhkan suatu strategi yang tepat. Khususnya pada saat  pandemi seperti ini, akan lebih mudah apabila Anda menjalankan bisnisreseller online. Menghasilkan uang […]

Tetap Produktif di Rumah Saja dengan Bisnis Dropship Tanpa Modal

Bisnis Dropship Tanpa Modal – Siapa bilang beraktivitas dari rumah saja tidak bisa memperoleh sumber penghasilan. Saat ini ada banyak peluang usaha online yang bisa dilakukan di rumah saja. Meski di rumah saja kita tetap bisa produktif dan memperoleh sumber penghasilan dengan usaha sampingan. Di era digital ini kita bisa memanfaatkan peran perkembangan teknologi untuk […]