5 Fakta Mata Uang Australia yang Perlu Kamu Tahu!

5 Fakta Mata Uang Australia yang Perlu Kamu Tahu!

5 fakta mata uang Australia berikut ini wajib banget kamu ketahui. Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa negara Australia memiliki mata uangnya dengan nama dolar Australia. Negara ini terletak di bagian selatan bumi dan terdiri dari Pulau Tasmania dan berbagai pulau kecil lainnya di Samudra Hindia dan juga Samudra Pasifik.

Negara ini menggunakan mata uang dolar sebagai alat tukar dan sebagai alat pembayaran dalam transaksi mereka. Mata uang ini diterbitkan oleh Reserve Bank of Australia. Untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasan mengenai sejarah mata uang di Australia dan beberapa fakta unik di dalamnya!

Sejarah Mata Uang Australia

Seperti yang sudah di sebutkan diatas bahwa mata uang ini di perkenalkan oleh bank sentral yaitu Reserve Bank of Australia, tepatnya pada tanggal 14 Februari tahun 1966. Sebelum menggunakan mata uang dolar, negara ini menggunakan mata uang poundsterling. Dolar Australia menempati urutan ke 6 dalam jajaran Pasar Valas Dunia setelah dolar dari Amerika, Yen Jepang, Euro Eropa, Poundsterling Inggris dan juga dolar dari Kanada.

Tahun 1983, pecahan uang kertas 1 dolar Australia berhenti dicetak dan kemudian pada tahun 1988 uang pecahan 2 dolar juga berhenti dicetak. Lalu pada tahun 1992, pecahan uang koin 1 dan juga 2 sen berhenti di produksi.

Sama seperti dolar AS, mata uang negara ini juga menggunakan simbol dolar. Dan untuk membedakannya lambang dalam setiap mata uang akan disisipkan sebuah huruf A sebagai inisial dari negara Australia. Sehingga kita bisa melihat lambang seperti A$ ini di uang Australia.

Mata uang dolar ini digunakan di berbagai wilayah di Australia, bahkan juga berlaku di Pulau Natal, Pulau Heard, Pulau Norfolk, Kepulauan Cocos, Kepulauan McDonald dan negara lainnya seperti Kiribati, Tuvalu dan Nauru.

5 Fakta Mata Uang Australia

Setelah mengenal dan mengetahui secara singkat sejarah mata uang dolar di Australia, kita masuk ke dalam 5 fakta unik yang ada di mata uang ini yang mungkin saja belum kamu ketahui. Apa saja sih fakta faktanya?

1. Di Kenalkan Pada Tahun 1966

Fakta pertama adalah bahwa mata uang dolar Australia diperkenalkan pada masyarakat pada tahun 1966. Tepatnya pada tanggal 14 Februari. Mata uang ini diperkenalkan oleh seorang perdana mentri Australia yang bernama Sir Robert Manzies. Peluncuran mata uang ini menandakan pergantian mata uang Australia yang awalnya menggunakan poundsterling berubah menjadi dolar Australia.

2. Digunakan di Luar Australia

Fakta yang kedua adalah bahwa ternyata mata uang dolar di negara ini tidak hanya berlaku di Australia. Seperti yang sudah disebutkan di dalam sejarah, bahwa mata uang dolar juga digunakan di luar negara Australia. Mata uang ini digunakan di berbagai negara Pasifik lainnya seperti Pulau Natal, Kepulauan Cocos, Pulau Heard hingga Pulau Norfolk. Bahkan di sebutkan juga bahwa Papua Nugini dan Kepulauan Solomon juga pernah menggunakan mata uang ini, sebelum akhirnya mereka mengganti mata uang di negaranya pada tahun 1975 dan pada tahun 1977.

3. Berbahan Plastik

5 fakta mata uang australia
photo : google

5 fakta mata uang Australia selanjutnya adalah bahwa bahan dasar dari pembuatan uang ini menggunakan plastik. Hal ini menjadikan dolar Australia merupakan pionir negara yang memproduksi uang menggunakan plastik. Penggunaan bahan dasar plastik tak luput karena bahan kertas yang digunakan untuk membuat uang nyatanya mudah rusak. Maka dari itu, pemerintah Australia memutuskan untuk mengganti uang kertas di negaranya dengan bahan plastik. Plastik yang digunakan untuk memproduksi uang disini adalah polimer dan sudah berjalan sejak tahun 1988. Dengan menggunakan bahan plastik, mata uang Australia 4 kali jauh lebih kuat daripada uang kertas lainnya. Uang ini juga mudah dibersihkan dan juga sulit untuk dipalsukan. Selain itu, mata uang ini juga tahan dalam temperatur tinggi.

4. Pernah Typo dalam Penulisan

photo : google

Fakta lainnya adalah pernah terjadi kesalahan ketik atau typo dalam mata uang yang diluncurkan. Tepatnya pada kahir tahun 2018, uang kertas dengan nilai 50 AUD dirilis dengan kesalahan ketik berada di kata Responsibility berubah menjadi Responsinilty. Kesalahan penulisan ini terjadi di lebih dari 46 juta lembar uang dan sudah tersebar di masyarakat. Namun meskipun terdapat typo, uang kertas tersebut masih bisa menjadi alat pembayaran yang valid dan bisa digunakan. Kesalahan penulisan tersebut justru menjadi sasaran empuk bagi para kolektor uang.

5. Tidak Ada Pecahan 1 dan 2 sen

Fakta yang terakhir di mata uang Australia adalah bahwa di mata uang ini tidak ada 1 dan 2 sen. Seperti yang sudah dijelaskan di dalam sejarah, di negara ini tidak lagi menggunakan pecahan 1 dan 2 sen. Mata uang Australia yang bernilai 1 sen pertama kali dibuat pada tahun 1984 dan untuk uang bernilai 2 sen dibuat pada tahun 1988. Namun sejak tahun 1991, kedua uang tersebut sudah tidak lagi digunakan dan sudah ditarik karena nilai materialnya yang digunakan melebihi mata uang tersebut. Kini mata uang dengan pecahan paling kecil di Australia adalah pecahan 5 sen saja.

Macam Macam Uang Australia

photo : google

Sama seperti negara lainnya, di negara Australia pastinya menggunakan jenis uang yang digunakan sebagai alat pembayaran. Uang tersebut adalah uang koin dan uang kertas. Untuk uang koin di Australia terdiri dari beberapa macam yaitu :

  • 5 sen
  • 10 sen
  • 20 sen
  • 50 sen
  • 1 dolar
  • 2 dolar

Sedangkan untuk uang kertas yang mereka gunakan ada beberapa macam yaitu:

  • 1 dolar
  • 2 dolar
  • 5 dolar
  • 10 dolar
  • 20 dolar
  • 50 dolar
  • Dan 100 dolar

Namun pada tahun 1983 pecahan uang kertas dengan nilai 1 dolar berhenti dicetak dan ditarik keberadaannya.

Tokoh di Mata Uang

photo : google

Desain yang ada di dalam mata uang biasanya menggunakan foto atau ilustrasi tokoh dari negara tersebut yang dihormati ataupun yang mempunyai pengaruh tinggi. Hal ini juga berlaku di Australia. Uang kertas di Australia mempunyai warna yang sangat bervariasi dengan beberapa gambar tokoh asal Australia dari beragam masa. Tokoh tokoh tersebut adalah :

  • Uang kertas 100 dolar. Tokoh dalam uang tersebut adalah seorang bernama Dame Nellie Melba (1861 – 1931). Ia adakah seorang penyanyi soprano yang terkenal di dunia. Selain tokoh tersebut, pernah juga terdapat foto seorang insinyur, prajurit dan juga jendral bernama Sir John Monash (1865-1931) yang merupakan administrator hebat.
  • Uang kertas 50 dolar. Dalam mata uang ini terdapat gambar Unaipon (1872-1967) seorang penulis Aborigin David dan penemu.
  • Uang kertas 20 dolar. Dalam mata uang ini terdapat seorang tokoh bernama Pendeta John Flynn (1880-1951) yang merupakan seorang pelopor berdirinya layanan medis udara pertama kali di dunia.
  • Uang kertas 10 dolar. Di uang ini menampilkan seorang bernama Dame Maria Gilmore (1865-1962) dan juga AB “Banjo” Peterson (1864-1941) yang merupakan seorang penyair.

Sedangkan untuk gambar di pecahan uang koinnya memiliki gambar yang berbeda beda seperti gambar 5 Kanguru dalam uang koin 1 dolar, gambar tetua suku Aborigin dalam koin 2 dolar, gambar Kanguru dan Emu di uang koin 50 sen, gambar platypus dalam koin 20 sen, gambar burung lyrebrid jantan di uang koin 10 sen dan untuk koin 5 sen terdapat gambar ekidna.

Itulah tadi penjelasan mengenai sejarah hinga 5 fakta mata uang Australia yang mungkin saja belum kamu ketahui. Dari 5 fakta mata uang Australia diatas, mana yang baru kamu tahu?

 

 

You might also like