✓10 Fakta Mata Uang Jerman yang Perlu Kamu Ketahui

DW

Fakta mata uang Jerman? Bagi kalian yang punya mimpi untuk bisa berkunjung ke negara tersebut, tentu penasaran dengan fakta-fakta mata uang Jerman tersebut bukan?

Gita Savitri, merupakan contoh influencer yang meraih kesuksesannya setelah berkuliah di negeri Jerman tersebut. Ia mengambil jurusan kimia murni di Freie Universität Berlin.

Menurut orang tua Gita Savitri yang semakin dikenal karena kemiripannya dengan aktris Korea Selatan, Kim Ji Won ini negara Jerman merupakan negara yang memiliki kualitas pendidikan yang bagus dan kondisi negaranya yang dianggap konfusif untuk belajar. Begitu juga menurut BPMP Provinsi Sulawesi Tengah (kemdikbud.go.id) bahwa Jerman masuk dalam 15 besar negara di dunia yang memiliki sistem pendidikan terbaik.

Untuk itu, tentu banyak diantara kita yang memiliki impian untuk bisa meneruskan pendidikan di negara Jerman. Agar dapat menambah potensi yang lebih dibidang yang kita sukai.

Untuk menjalani kehidupan di Jerman nanti, kita mungkin juga perlu untuk mengetahui fakta-fakta menarik dari mata uang Jerman yang akan kita gunakan disana nantinya.

Untuk mengetahui beberapa fakta menarik mata uang Jerman, simak pembahasan berikut.

1.Mata Uang Jerman bernama Euro

Mata uang Jerman
EHEF INDONESIA

Mata uang Jerman yang saat ini resmi digunakan sebagai alat transaksi adalah euro. Selain Jerman, negara-negara lain di Eropa juga ada yang menggunakan euro sebagai mata uang mereka.

Mungkin hal itu dilakukan karena Jerman ini merupakan negara yang memiliki ekonomi terkuat di negara Uni Eropa, juga negara keempat terkuat di dunia.

Mata uang Jerman ini dianggap terus mengalami perkembangan seiring dengan kemajuan negaranya juga. Yang dulu pernah melalui peristiwa-peristiwa perpecahan, resesi, dan hiperinflasi.

Resesi sendiri memiliki arti situasi yang terjadi disaat PDB (Produk Domestik Bruto) atau pertumbuhan ekonomi dari suatu negara mengalami kenegatifan selama dua kuartal berturut-turut.

Hiperinflasi merupakan kondisi dimana terjadi inflasi i yang tak terkendali. Kondisi ini terjadi dimana harga-harga naik dengan sangat cepat dan nilai dari uang sangat menurun. Hiperinflasi ini terjadi ketika tingkat inflasi lebih dari 50 persen dalam jangka waktu satu bulan.

2.Sempat Menggunakan Nama Mata Uang Lain

Sebelum menggunakan euro, Jerman pernah menggunakan mata uang Jerman bentu lain. Kejadian ini juga terjadi beberapa kali pergantian mata uang Jerman.

Yang pertama, mata uang Jerman yang digunakan adalah papiermark. Papiermark ini digunakan di Jepang pada tahun 1914. Mata uang Jerman ini dikeluarkan pada saat itu saat masa hiperinflasi di Jerman pada 1922 dan 1923.

Kemudian, papiermark digantikan oleh mata uang reichmark. Mata uang ini berlaku pada tahun 1924 hingga 1948. Pergantian mata uang ini dilakukan karena terjadi inflasi di Jerman pada tahun 1920an dan mencapai puncak pada tahun 1923. Nilai tukar mata uang papiermark ke reichmark senilai 1 ℛℳ = 1012  papiermark. 

Tetapi ternyata sebelum pergantian ke reichmark ini, agar perpindahannya berjalan mulus dan untuk menstabilkan ekonomi Jerman terlebih dahulu, pergantian papiermark selanjutnya adalah ke rentenmark terlebih dahulu. Rentenmark ini dikeluarkan pada tahun 1923. Yang memiliki nilai tukar dengan dollar Amerika senilai 1 USD = 4,2 ℛℳ.

Setelah terjadi perang dunia kedua, reichmark ini masih terus dipergunakan di Jerman meski ada uang cetak baru dari Amerika Serikat dan Uni Soviet.

Kemudian pada tahun 1948 mata uang reichmark ini digantikan dengan mata uang deutsche mark. Yang resmi digunakan didaerah Jerman Barat. Mark Jerman ini masih terus digunakan sebagai mata uang baik Jerman Barat dan Jerman Timur, disaat kedua negara tersebut bersatu di tahun 1990.

Baru setelah itu, deutsche mark digantikan dengan mata uang euro pada tahun 1999 yang masih digunakan hingga saat ini baik oleh Jerman Barat atau Jerman Timur, bahkan negara-negara lain di Uni Eropa.

Namun, setelah euro resmi ditetapkan sebagai mata uang Jerman. Pengedaran deutsche mark belum dihentikan. Namun masih bisa ditukarkan hingga Februari 2002.

3.Terdapat Tokoh yang Mengenalkan Mata Uang Deutsche Mark Jerman

Ternyata dari diedarkannya mata uang deutsche mark di Jerman ini, terdapat tokoh penting dibaliknya. Yaitu tokoh yang mempopulerkan mata uang deutsche mark kepada masyarakat di Jerman.

Tokoh yang memperkenalkan mata uang deutsche mark kepada masyarakat luas di Jerman tersebut bernama Ludwig Erhard. Yang mana beliau mempopulerkan uang deutsche mark ini pada bulan Juni tahun 1948.

Ludwig Erhard sendiri merupakan politikus Jerman dari partai Persatuan Demokrat Kristen Jerman atau dalam bahasa Jerman disebut Christlich Demokratische Union Deutschlands dan disingkat menjadi CDU. Selain itu, juga sebagai kanselir atau yang dalam negara lain lebih akrab disebut sebagai perdana menteri. Yang menjabat pada tahun 1963 hingga 1966.

Alasan beliau mempopulerkan mata uang deutsche mark adalah karena beliau ingin melindungi Jerman Barat dari serangan hiperinflasi yang kedua dan menghentikan kegiatan barter juga transaksi di pasar gelap yang sedang merajalela di Jerman pada saat itu.

4.Kurs Awal Antara Reichmark dan Deutsche Mark

Saat pergantian mata uang reichmark ke deutsche mark ini, pemerintah Jerman menetapkan nilai tukar untuk pertukaran uang tersebut.

Nilai tukar awalnya ditetapkan dengan nilai 1 DM sama dengan 1 RM. Hal ini untuk beberapa keperluan seperti memberi upah, gaji, dan membayar sewa. Namun untuk sisa saldo di kredit swasta ditetapkan nilai tukar sebesar 1 DM sama dengan 10 RM.

5.Jerman Sempat Ingin Kembali Menggunakan Deutsche Mark Jerman

Mata uang Jerman
Shopee

Setelah keputusan perubahan deutsche mark ke euro saat itu sedikit terjadi dimana masyarakat lebih ingin menggunakan deutsche mark daripada euro. Popularutas euro di pergantian ini memang tidak begitu besar.

Pernyataan ini ada dari hasil penelitian lembaga Ipsos yang hasil penelitiannya menunjukan bahwa 51 persen masyarakat Jerman masih ingin kembali menggunakan deutsche mark, sedangkan orang yang mulai ingin dan tetap mempertahankan euro hanya sekitar 30 persen, dan sisanya masyarakat Jerman masih ragu-ragu akan kedua hal tersebut.

6.Kode ISO Jerman

Jika di Indonesia kode ISOnya adalah IDR, negara Jerman memiliki kode ISO EUR. Yang merupakan kependekan dari euro. Pada saat mata uangnya masih deutsche mark, kode ISO uang ini adalah DEM. Merupakan singkatan dari deutsche mark.

Pihak Duetsche Bundesbank, bank di Jerman mengatakan bahwa DEM ini masih bisa ditukarkan menjadi euro. Jadi, jika masyarakat Jerman masih ada yang memiliki atau menyimpan deutsche mark, bisa menukarkannya di Duetsche Bundesbank menjadi euro. Agar dapat digunakan untuk bertransaksi secara sah. Selain secara datang langsung, warga Jerman juga bisa menukarnya melalui pengiriman pos.

7.Mata Uang Jerman Timur Sebelum Bergabung dengan Jerman Barat

Dikatakan diatas bahwa deutsche mark resmi digunakan di Jerman Barat dan Timur saat keduanya bersatu menjadi satu negara. Dan sebelum itu, deutsche mark ini hanya resmi digunakan sebagai mata uang Jerman Barat. Sedangkan sebelum menggunakan deutsche mark, Jerman Timur menggunakan mata uang bernama ostmark.

8.Nama Lain dari Deutsche Mark Jerman

Mata uang deutsche mark ini selain memiliki kode ISO DEM atau DM ternyata juga memiliki sebutan unik yang menjadi tren di kalangan masyarakat Jerman pada saat itu. Penyebutan trennya tersebut dinamakan D-Mark.

9.Kestabilan Uang Deutsche Mark Jerman

Mata uang Jerman deutsche mark ini merupakan mata uang paling stabil di dunia. Hal ini didasarkan pada kebijakan bank sentral di Jerman yaitu Bundesbank.

Kestabilan ini terjadi pada tahun 1993, dimana saat itu sedang terjadi Franc beberapa spekulasi terhadap Franc Prancis dan mata uang Eropa yang lainnya.

10.Jerman Menerbitkan Mata Uang Terbesar

Telah disebutkan diatas bahwa Jerman pernah mengalami inflasi pada tahun 1923. Karena hal inilah Jerman harus mengeluarkan mata uang dengan nilai yang begitu tinggi. Jumlah nominal yang dikeluarkan Jerman pada saat itu sebesar 1 triliun deutsche mark.\

Dilansir dari 1 Euro (EUR) to Indonesian Rupiah (IDR) today (exchangerate.guru) 1 EUR saat ini senilai 15,191.82 rupiah.

You might also like

Sepatu Boots, Ide Produk Bisnis Dropship yang Perlu Anda Coba

Bisnis Dropship – Selain pakaian dan juga tas, sepatu juga menjadi salah satu fashion item yang menjadi favorit banyak orang. Pasalnya, bukan hanya dipandang sebagai alas kaki saja, kini keberadaan sepatu juga menjadi hal penting yang bisa menunjang penampilan.  Tentu saja hal tersebut bisa Anda manfaatkan sebagai peluang bisnis yang cukup menggiurkan. Bagi Anda yang […]

Bisnis Reseller Sepi? Berikut 4 Tips Pintar untuk Mengatasinya

Bisnis Reseller – Ketika membicarakan hal yang berbau usaha maupun pebisnis yang memang yang tidak pernah ada habisnya. Ada begitu banyak orang yang berjuang keras untuk bisa menjadi pengusaha dan mempunyai bisnisnya sendiri. Bisnis apapun itu, mulai dari yang membuat produk sendiri hingga yang menjualkan produk orang lain atau dengan kata lain adalah dengan menjalankan […]

Aplikasi Edit Foto dan Video untuk Mempercantik Feed Instagram

Ide Jualan -Instagram adalah aplikasi media sosial yang sangat populer belakangan ini. Instagram hanya dapat membagikan postingan berupa gambar dan video, tidak bisa hanya membuat postingan berupa teks saja tanpa mengandung gambar atau video yang berbeda dengan Facebook dan Twitter. Maka dari itu, pengguna Instagram berupaya memberikan postingan gambar dan video semenarik mungkin pada feed-nya. […]