Uang Kartal Adalah? Pengertian, Jenis dan Contohnya!

Uang kartal adalah salah satu alat yang bisa digunakan untuk alat tukar loh. Apakah kamu sudah tahu? Ada beberapa jenis uang kartal yang ada di Indonesia. Selain uang kartal yang disebut sebagai uang giral. Namun kali ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai apa itu uang kartal dari pengertiannya, jenis jenis uang kartal, ciri ciri, fungsi hingga contohnya.

Buat kamu yang belum tahu apa itu uang kartal kamu wajib banget buat simak pembahasan di bawah ini untuk menjawab semua pertanyaan kamu!

1. Uang Kartal Adalah

uang kartal adalah
photo : google

Uang kartal adalah uang yang diterbitkan oleh bank sentral di sebuah negara dan diatur oleh undang undang negara yang mengeluarkan uang tersebut. Di Indonesia sendiri ada dua jenis uang kartal yang diterbitkan oleh bank sentral. Kedua uang tersebut berupa uang kertas dan juga uang logam. Dengan uang ini bisa digunakan sebagai alat transaksi mata uang asing atau juga bisa digunakan sebagai lata tukar secara global.

Bisa dikatakan bahwa uang karta adalah sebuah alat pembayaran maupun alat tukar yang sifatnya sah digunakan oleh masyarakat untuk bisa memenuhi kebutuhan berbagai macam transaksi dalam kegiatan sehari hari.

2. Jenis

Ada beberapa jenis uang kartal yang beredar di Indonesia. Menurut isi dari UU Pokok Bank Indonesia nomor 11 tahun 1953, uang kartal dibedakan menjadi 2 jenis yang pertama berdasarkan karakteristiknya dan yang kedua berdasarkan bahan pembuatannya.

a. Berdasarkan karakteristiknya

  • Uang Bank. Adalah uang yang di terbitkan oleh Bank Indonesia sebagai bank sentral berupa uang logam dan juga uang kertas.
  • Uang Negara. Uang negara adalah uang yang di diterbitkan oleh pemerintah dan bahan dasarnya terbuat dari plastik.

b. Berdasarkan bahan pembuatannya

  • Uang logam. Berdasarkan pembuatannya uang logam umumnya terbuat dari bahan alumunium, kuningan dan nikel yang kemudian dibentuk sedemikian rupa, kemudian diberi warna emas atau perak. Nilai dari uang logam ini ada dua macam, yaitu nilai intrinsik atau nilai bahan pembuatannya dan nilai tukar atau nilai nomial untuk dapat ditukar dengan suatu barang.
  • Uang Kertas. Bahan selanjutnya berasal dari bahan kertas khususnya uang. Uang kertas memiliki gambar, kode, cap dan beberapa ilustrasi lainnya yang khusus digunakan untuk menjadi alat pembayaran yang sah.

3. Ciri Ciri

Setelah kita bahas tentang pengertian dan juga jenisnya, kita masuk ke pembahasan mengenai ciri ciri uang kartal. Berikut adalah ciri ciri uang kartal di Indonesia :

  • Uang kartal hanya terdiri dari dua bentuk yaitu uang logam dan uang kertas
  • Uang kartal yang sah digunakan hanyalah yang diterbitkan dari bank sentral atau Bank Indonesia
  • Uang kartal harus digunakan oleh masyarakat sebagai alat pembayaran yang sifatnya sah untuk bisa memenuhi keperluan transaksi jual beli
  • Penerbitan dan juga peredaran uang kartal telah terjamin oleh UU yang berlaku

4. Fungsi Uang Kartal

photo : google

Sebagai digunakan sebagai alat pembayaran, uang kartal juga mempunyai fungsi lainnya yaitu :

a. Alat Pembayaran

Fungsi paling utama dari uang kartal adalah sebagai alat pembayaran yang sah untuk melakukan transaksi. Dengan uang ini, masyarakat dapat mencari dan membeli barang yang mereka butuhkan dan membayarnya menggunakan uang ini.

b. Alat Penyimpan Nilai

Fungsi yang kedua adalah sebagai alat penyimpan nilai. Maksudnya adalah dengan uang ini masyarakat bisa menyimpan dan memanfaatkannya sebagai alat tukar saat nanti diambil.

c. Ukuran Nilai

Dan fungsi terakhir adalah sebagai ukuran nilai. Maksud dari fungsi ini adalah uang bisa sebagai standarisasi dalam mengukur nilai suatu jasa atau barang. Dengan uang ini bisa dijadikan sebagai tolok ukur dalam transaksi perdagangan untuk menentukan laba dan rugi serta bisa melakukan tawar menawar.

5. Perbedaan Uang Kartal dan Uang Giral

Jika uang kartal adalah sebuah uang yang diterbitkan oleh bank sentral sebagai alat pembayaran, berbeda dengan uang giral yang diterbitkan berupa surat surat berharga dan sewaktu waktu bisa digunakan sebagai alat pembayaran. Dari pengertian sederhana itu ternyata ada perbedaan di dalamnya, yaitu:

a. Sifatnya

Dalam rupiah, uang kartal adalah alat pembayaran yang harus diterima di setiap kegiatan transaksi jual beli. Artinya seluruh masyarakat wajib menggunakan uang ini ketika melakukan transaksi. Sedangkan uang giral tidak wajib digunakan oleh masyarakat sebagai alat pembayaran. Hal ini disebabkan karena tidak semua orang dapat melakukan dan menerima uang giral sebagai alat pembayaran.

b. Bentuk

Perbedaan lainnya adalah bentuknya. Jika uang kartal berbentuk logam dan kertas uang giral senderung lebih beragam dibandingkan uang kartal yaitu berupa kartu kredit, kartu debit, cek, giro dan masih banyak lagi.

c. Kemudahan

Perbedaan selanjutnya adalah kemudahan. Bisa dilihat bahwa menggunakan uang kartal lebih mudah digunakan untuk melakukan transaksi dibandingkan dengan uang giral. Uang kartal jauh lebih praktis dibandingkan uang giral.

d. Kepemilikan

Perbedaan yang terakhir adalah kepemilikan. Hal milik atas uang kartal adalah didasarkan dari siapa yang memegangnya pada saat kegiatan transaksi. Sebaliknya uang giral terdapat identitas pemiliknya.

6. Contoh Uang Kartal

Seperti sudah dijelaskan diatas bahwa uang kartal ada dua yaitu uang kartal kertas dan juga logam. Di Indonesia uang tersebut ada beberapa variasi yaitu :

Contoh uang kartal kertas :

  • Uang Rp 1000
  • Uang Rp 2000
  • Uang Rp 5000
  • Uang Rp 10.000
  • Uang Rp 50.000
  • Uang Rp 100.000

Contoh uang kartal logam :

  • Uang Rp 100
  • Uang Rp 200
  • Uang Rp 500
  • Uang Rp 1000

7.Kelebihan Uang Kartal

Dari pengertian, jenis hingga contohnya, uang kartal ternyata memiliki kelebihan. Uang kartal keberadaannya sudah tidak asing lagi penggunaannya dalam kehidupan sehari hari. Kelebihan dari uang kartal adalah uang ini mudah dibawa kemana saja, setiap uangnya memiliki desain dan juga nilai tukar yang berbeda beda sehingga tidak mudah tertukar dan juga uang ini nominalnya lebih tinggi daripada uang logam.

8. Kekurangan Uang Kartal

Setiap ada kelebihan pasti ada kekurangan, hal itu juga berlaku di uang kartal. Salah satu kekurangan yang pasti akan dirasakan adalah uang ini akan mudah rusak dan sobek. Dan jika uang ini sudah sobek atau rusak maka tidak bisa lagi digunakan untuk melakukan transaksi. Hal itu terjadi di uang kartal yang kertas. Di uang kartal logam kekurangannya adalah nilai nominal uangnya lebih kecil daripada uang kertas, selain itu juga uang logam lebih berat dan tidak efektif karena bisa hilang atau jatuh kapan saja.

Itulah tadi penjelasan dan informasi mengenai uang kartal, dari pengertian, jenis, fungsi, kelebihan dan kekurangan hingga perbedaannya dengan uang giral. Dari penjelasan diatas dapat diketahui bahwa uang kartal adalah uang yang kita gunakan sehari hari. Dan ternyata selain itu, ada juga uang giral yang bisa digunakan untuk melakukan transaksi yaitu uang giral. So, apakah kamu sudah semakin paham tentang uang kartal?

You might also like

✓10 Cara Nonton Youtube Dapat Uang. Emang Bisa? Simak Yuk

Nonton Youtube dapat uang? Emang bisa? Biasanya yang mendapatkan bayaran dari pihak Youtube adalah para konten kreator yang membuat video di aplikasi Youtube dan mendapatkan adsense dari aplikasi tersebut. Namun ini hanya dengan menonton bisa menghasilkan cuan? Bagi kalian yang pengen bisa menghasilkan cuan, tapi tetep bisa rebahan atau sambil mengerjakan pekerjaan lain. Mungkin bacaan […]

Ingin Jualan Cepat Laku? Intip Cara Promosi di Bukalapak

Bisnis Reseller – Salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan toko Anda adalah dengan melakukan promosi. promosi bukan hanya akan mendorong peningkatan penjualan Anda dalam jangka pendek saja namun dengan menggunakan strategi promosi yang baik maka produk atau jasa yang Anda tawarkan akan semakin dikenal oleh masyarakat. Promosi tentu saja akan sangat bermanfaat […]

Tutorial Cara Buat Toko di Bukalapak

Ide Jualan – Bukalapak melayani jual-beli online dengan model pelanggan ke pelanggan dimana kepuasan pelanggan menjadi prioritas utamanya. Bagi siapa pun yang mau menjalankan usaha jual beli secara online, bisa memanfaatkan lapak yang ada di Bukalapak. Bukalapak sendiri telah digunakan banyaik penjual, mulai dari perseorangan hingga usaha besar. “Jual-beli online mudah dan terpercaya” adalah slogan […]