Sholat Subuh Jam Berapa? Bagi yang Belum Tahu Wajib Baca

berita DIY Pikiran Rakyat

Sholat subuh jam berapa? Bagi kita yang beragama islam dan taat melakukan ibadah wajib ini kepada Allah, tentu pertanyaan tersebut tidak ada kata sulitnya. Karena setiap hari kita selalu melaksanakannya guna sebagai bentuk rasa syukur dan menghadap Allah untuk mendekatkan diri kepada-Nya.

Namun, tak menutup kemungkinan juga orang beragama islam ataupun orang yang memiliki kepercayaan lain belum mengetahui jawaban dari sholat subuh jam berapa. Untuk itu, bagi yang sedang belajar untuk memperbaiki akhlak dan bagi muallaf yang mungkin akan mempelajari segala hal tentang agama islam lebih dalam, perlu untuk membaca pembahasan ini sampai selesai.

Pembahasan selanjutnya, kita tidak akan hanya membahas mengenai sholat subuh jam berapa, melainkan juga akan memberikan beberapa ilmu mengenai keutamaan-keutamaan sholat subuh yang mungkin belum kita ketahui. Tetap pelajari sampai habis, ya.

1. Apa itu Sholat

portal kotamobagu

Menurut DR KH Badruddin Hasyim Subky, M HI yang ditulis dalam buku hasil tulisan beliau berjudul Misteri Kedua Belah Tangan dalam Salat, Zikir, dan Doa, ia mengartikan sholat yaitu sebagai doa adalah permohonan.

Karena kata sholat itu berakar dari kata shalla sholattun. Yang mana shalla memiliki arti doa dan kata shalat artinya mendirikan sholat. Kata shalla jika dibaca menjadi ‘shalallahu ‘alaih’ yang mengandung makna semoga Allah SWT memberikan rahmat atau keberkahan kepada hambaNya.

Menurut Ahmad Sarwat, Lc, MA dalam bukunya yang ditulis dengan judul Shalat li-Hurmatil-Waqti, mengartikan sholat adalah serangkaian ucapan dan gerakan yang tertentu yang dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam, dikerjakan dengan niat dan syarat-syarat tertentu.

Dalam surat An Nisa ayat 103, bacaannya diartikan menjadi kalimat berikut “Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah shalat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.”

Dapat dikutip dari arti ayat Al-Qur’an tersebut, bahwa sholat adalah fardhu, yang mana merupakan sebuah kewajiban.

2. Macam-Macam Sholat

Meskipun dikatakan bahwa sholat itu fardhu atau kewajiban tetapi ada juga sholat yang hukumnya sunnah. Namun hal ini tentunya juga dianjurkan agar lebih mendapatkan banyak pahala dan manfaat dari melaksanakan sholat tersebut.

Sholat dibagi menjadi 2 jenis hukum. Ada sholat fardhu atau sholat wajib dan juga sholat sunnah yang lebih baik dilakukan, namun kalau tidak dilakukan tetap tidak mendapat dosa.

1.Sholat yang wajib dilakukan tersebut ada 5 bentuk sholat yang harus dilakukan:

-Subuh yang berjumlah 2 rakaat

-Dzuhur yang memiliki total 4 rakaat

-Ashar yang juga terdapat 4 rakaat

-Maghrib 3 rakaat

-Isya berjumlah 4 rakaat

2.Sholat sunnah yang lebih baik dilakukan antara lain:

-Sholat Sunnah yang Mengiringi Sholat

Sholat sunnah yang mengiringi sholat ini dinamakan sholat sunnah rawatib. Yang mana juga dibagi menjadi dua jenis yaitu sholat rawatib muakkad dan ghairu muakkad.

Sholat sunnah muakkad merupakan sholat rawatib yang hukumnya sangat dianjurkan. Sholat tersebut antara lain 2 rakaat sholat sebelum subuh, sebelum dzuhur, sesudah dzuhur, sesudah maghrib, sesudah isya.

Sedangkan sholat ghairu muakkad merupakan sholat rawatib yang tidak begitu dianjurkan. Sholat tersebut antara lain sholat sebelum dan sesudah sholat dzuhur. Yang mana ini diperuntukkan bagi yang menjalankannya sebanyak 4 rakaat, berarti 2 rakaat pertama muakkad, 2 rakaat berikutnya ghairu muakkad. Ada juga 4 rakaat sebelum sholat ashar, 2 rakaat sebelum sholat maghrib dan sebelum isya.

-Sholat Sunnah yang Tidak Mengiringi Sholat

Sholat sunnah ini juga terbagi kedalam 2 jenis. Yaitu sholat yang dilaksanakan sendiri atau disebut munfraid dan juga sholat yang dikerjakan secara berjamaah.

Sholat yang dikerjakan sendiri atau secara munfraid ini contohnya adalah sholat tahajud, dhuha, isyraq, sunnah wudhu, tahiyyatul masjid, safar, istikharah, witir, setelah akad nikah, sunnah taubat, sunnah muthlaq, hajat, tasbih, dan sunnah tawaf.

Sedangkan yang dapat dikerjakan secara berjamaah adalah sebagai berikut: sholat khusuf, kusuf, istisqa, hari raya, dan tarawih.

3. Sholat Subuh Jam Berapa?

Telah kita ketahui bahwa sholat wajib yang harus kita tegakkan ini berjumlah 5 bentuk sholat. Yang mana tentunya perlu dilakukan disetiap waktu-waktu yang telah ditentukan dan dibatasi. Namun, karena setiap daerah terdapat perbedaan waktu, maka untuk jam pelaksanaan disetiap daerah juga ada perbedaan. Jadi, sholat subuh jam berapa? Waktu-waktu yang telah ditentukan tersebut antara lain:

-Subuh ditetapkan untuk dikerjakan di pagi hari, yaitu mulai munculnya fajar kedua dan batas akhir sampai terbitnya matahari. Umumnya untuk saat ini jam yang ditentukan adalah sekitar pukul setengah lima pagi. Namun, menurut beberapa ustadz, jika kita kesiangan saat bangun, setelahnya kita boleh langsung menyegerakan sholat subuh meskipun sudah siang dan belum menginjak waktu dzuhur. Namun hal itu boleh dilakukan jika kita memang ketiduran, jadi bukan hal yang disengajakan.

-Dzuhur waktu sholatnya ditentukan dimulai saat matahari tergelincir sampai bayangan sesuatu berukuran sama dengan aslinya. Atau sudah tidak boleh dilakukan ketika sudah masuk waktu Ashar. Umumnya jam memasuki waktu Dzuhur saat ini adalah pukul 11.45 WIB.

-Ashar waktunya mulai dari jika bayangan benda melebihi barang aslinya, dan berakhirnya ketika bayang-bayang suatu benda mencapai dua kali lipat dari benda aslinya. Atau untuk jamnya berkisar antara pukul 3 sore. Masih dapat dilakukan dengan batasan memasuki waktu sholat maghrib.

-Maghrib, sholat ini memiliki batasan waktu yang paling singkat. Yaitu setelah matahari terbenam. Dan kisaran waktu pelaksanaannya hanya diberi sekitar 1 jam. Untuk perkiraan jam pelaksanaannya saat ini sekitar pukul setengah enam sore. Namun satu jam kemudian, sudah akan memasuki waktu sholat Isya.

-Isya seperti yang dikatakan pada waktu maghrib, sholat isya umumnya berjarak sekitar 1 jam dari waktu masuk sholat maghrib. Tepatnya, sholat isya saat ini dilaksanakan pada pukul 7 malam kurang.

4. Niat Sholat Subuh

Niat setiap sholat memiliki perbedaan dipenyebutan beberapa kalimat. Niat ini juga dikatakan boleh untuk diucapkan dengan bahasa yang kita kuasai. Namun lebih baik jika kita berusaha dan hingga fasih menggunakan bahasa arab. Untuk niat dalam bahasa arab untuk sholat subuh sendiri yaitu:

Ushallii fardash-Shubhi rak’ataini mustaqbilal qiblati (adaaan) [makmuuman / imaaman] lillaahi ta’aalaa.

Yang dalam bahasa Indonesia memiliki arti “Saya (berniat) mengerjakan sholat wajib Shubuh sebanyak dua raka’at dengan menghadap kiblat, (Sebagai) [makmum / imam], karena Allah Ta’ala.”

5. Keutamaan Sholat Subuh

Sholat subuh jam berapa memora.id

Setelah mengetahui sholat subuh jam berapa, kita dapat mempelajari keutamaan-keutamaan yang akan kita dapatkan ketika kita melaksanakan sholat sebelum matahari terbit tersebut.

1.Disaksikan malaikat, karena pada waktu pelaksanaan sholat subuh ini merupakan waktu dimana pergantian dan berkumpulnya malaikat.

2.Terhindar dari siksa api neraka, karena dalam hadist disebutkan bahwa orang yang menjalankan sholat di waktu sebelum matahari terbit maka akan bebas dari api neraka

3. Dijauhkan dari kemunafikan, Hal ini juga tercantum dalam hadist yang dikatakan bahwa sholat yang paling berat untuk dilaksanakan oleh orang-orang munafik adalah sholat Isya’ dan Subuh.

Dan tentu masih banyak keutamaan lain yang akan didapatkan seperti yang tercantum pada 17 Keutamaan Mengerjakan Shalat Subuh – DalamIslam.com

6. Manfaat Sholat Subuh

Selain keutamaan yang bisa kita dapatkan, sholat subuh juga memiliki banyak manfaat untuk hidup kita sehari-hari, antara lain:

-Membantu kita untuk membuat planning atau rencana harian. Karena jika kita bangun pagi untuk melaksanakan sholat subuh, setelahnya kita akan bisa berfikir jernih untuk mendaftar planning kegiatan yang akan kita lakukan hari itu.

-Memiliki kesempatan untuk berolahraga, setelah sholat dan menyusun planning, tentu kita masih akan memiliki beberapa waktu sisa yang mana dapat digunakan untuk berolahraga, yang juga dikatakan bahwa waktu pagi hari tersebut adalah waktu yang baik untuk berolahraga.

-Menghindarkan kita dari sifat tergesa-gesa dan panik. Jika kita sudah bangun dari pagi, dan telah mempersiapkan semuanya, kita tentu tidak akan tergesa-gesa dan panik saat akan beraktivitas. Untuk membuktikannya coba bandingkan jika kita tidak sholat subuh dan bangun kesiangan, tentu kita pasti akan tergesa-gesa dalam melakukan aktivitas.

Selain itu tentu masih banyak manfaat lain yang akan kita dapatkan. Untuk dapat membuktikan manfaat-manfaat lain tersebut, cobalah untuk tegakkan sholat subuh secara tepat waktu. Maka kamu akan menemukan banyak manfaat tersebut. Terlebih kita sudah menemukan jawaban dari pertanyaan sholat subuh jam berapa.

You might also like