8 Fakta Mata Uang Inggris yang Mungkin Belum Kamu Tahu!

8 fakta mata uang Inggris berikut ini mungkin banyak dari kalian yang belum tahu. Seperti yang kita ketahui bahwa mata uang Inggris adalah pound sterling. Mata uang ini digunakan di beberapa wilayah di Inggris meliputi Inggris, Skotlandia, Wales hingga Irlandia Utara.

Dari informasi itu, ternyata ada beberapa fakta nih dari mata uang pound sterling yang mungkin saja belum kamu ketahui. Ada apa saja sih fakta faktanya? Berikut 8 fakta mata uang Inggris, pound sterling!

1. Mata Uang Tertua di Dunia

Pound sterling menjadi mata uang yang telah resmi digunakan di wilayah Seberang Laut Britania di Georgia Selatan, Kepulauan Sandwich Selatan dan juga wilayah Antartika Britania, serta dependensi di kerajaan Britania Raya Pulau Man dan Kepulauan Channel.

Pound Inggris mempunyai salah satu volume perdagangan yang paling tinggi di dunia dan menempel kuat di volume perdagangan dollar AS, euro dan yen dalam volume harian.

Mata uang pound sterling adalah mata uang dari negara Britania Raya dan Skotlandia saat bersatu dan membentuk sebuah negara pada tahun 1707. Sejak saat itu, nama pound menjadi nama untuk mata uang Inggris hingga saat ini. Pound sterling tepatnya berawal dari sebuah kerajaan dengan nama Mercia di abad ke 8. Kerajaan ini berlokasi di salah satu pusat peradaban yang ada di Inggris pada masa itu. Karena sudah ada sejak tahun 1707, mata uang ini menjadi mata uang yang paling tua di dunia. Mata uang ini sudah ada kurang lebih sejak abad ke 8.

2. Asal Usul Nama Pound Sterling

8 fakta mata uang Inggris
photo : google

Yang kita tahu bahwa nama mata uang Inggris adalah pound sterling. Namun tahukah kamu bahwa nama ini mempunyai asal usulnya?

Nama ini diperoleh dari cerita zaman dahulu dimana Britania Raya hanya menggunakan koin koin yang berbahan dasar perak 100%. Koin perak itu digunakan sebagai alat untuk bertransaksi ekonomi yang sah di negara tersebut. Namun ternyata penggunaan koin untuk bertransaksi tidak awet. Koin koin tersebut mudah rusak dan bahan baku untuk membuatnya terlalu mahal.

Lalu sekitar tahun 775, dibuat koin koin lain yang dicanpur dengan beberapa logam. Masyarakat menyebut koin campuran itu dengan nama sterling. Koin ini di klaim lebih kuat dan lebih awet daripada koin dengan bahan dasar perak seperti sebelumnya.

Sebanyak 240 koin sterling dicetak dengan menggunakan satu pound perak. Dari situlah banyak orang yang menyebutnya pound of sterling saat hendak bertransaksi dengan menggunakan koin tersebut.

Dan pada masa pemerintahan Raja Inggris King Harry II, diperkenalkanlah nama “poundsterling” untuk pertama kalinya ke seluruh masyarakat. Hal ini agar masyarakat bisa lebih mudah dalam menyebut mata uang yang digunakan. Inilah mengapa nama poundsterling berasal dari kadar perak yang digunakan.

3. Logo Pound Sterling dari Romawi Kuno

photo : google

Fakta selanjutnya adalah logo pound sterling yang berasal dari Romawi Kuno. Jika kamu mengamati dengan lebih jelas, logo atau lambang di mata uang ini hampir mirip dengan bentuk L. Simbol pound sterling berasal dari huruf L dengan dua garis horizontal di bagian tengahnya. Namun lambang huruf tersebut berubah menjadi hanya memiliki satu garis horizontal saja di tengahnya.

Tahukah kamu bahwa bentuk huruf L ini merupakan singkatan dari kata Librae yang dalam bahasa Romawi Kuno, kata ini memiliki arti yaitu keseimbangan. Kata tersebut kemudian dikonversikan menjadi pound oleh kerajaan Inggris kala itu. Dan secara harfiah, simbol L dalam mata uang ini berarti ukuran berat atau pound dalam bahasa Inggris.

4. Warisan Budaya di Inggris

Karena telah digunakan sejak lama, masyarakat Inggris secara tidak sadar memiliki ikatan emosional tersendiri dengan mata uang ini. Banyak dari penduduk Inggris menganggap bahwa mata uang pound sterling adalah simbol dari warisab budaya di negara Inggris dan menjadi kekuatan serta stabilitas di negara mereka.

Hal ini juga diperkuat dengan kejadian dimana sejumlah negara di Uni Eropa yang mengubah mata uangnya menjadi Euro, namun pemerintahan Inggris tetap menggunakan pound sterling. Keputusan ini didukung penuh oleh masyarakat Inggris saat itu.

photo : google

8 fakta mata uang Inggris, pound sterling yang selanjutnya adalah mata uang ini menjadi mata uang satu satunya di dunia yang mempunyai logo. Di dunia ini ada 5 negara yang mempunyai simbol khusus untuk mempresentasikan mata uang mereka. Lima negara tersebut adalah dolar AS, yen Jepang, pound sterling Inggris, euro dari Eropa dan rupee dari India.

Dari kelima negara tersebut, hanya negara Inggris yang menyertakan gambar simbol atau lambang pound sterling (£) diatas mata uang mereka. Berbeda dengan ke empat negara lainnya yang tidak menyertakan lambang mereka.

6. Beragam Ukuran

photo : google

Fakta yang ke enam adalah setiap lembar mata uang pound sterling ternyata memiliki ukuran yang berbeda beda. Semakin besar nilai uang yang ada, maka ukuran kertas yang digunakan akan semakin lebar. Bank Sentral Inggris juga membubuhkan huruf braille di setiap lembar mata uang yang mereka produksi. Hal ini bertujuan untuk membantu para tuna netra dalam menggunakan mata uang ini.

7. Salah Satu Mata Uang Terkuat di Dunia

Tahukah kamu bahwa mata uang pound sterling menjadi salah satu mata uang terkuat di dunia. Hal ini dibuktikan dengan perbandingan 1 pound sterling apabila dirupiahkan nilainya hampir sama dengan Rp 20 ribu. Namun ternyata pound sterling tidaklah mata uang terkuat di dunia. Diatas pound sterling masih ada dinar dari Kuwait yang menduduki peringkat pertama sebagai mata uang terkuat di dunia.

8. Sering Dijadikan Bahasa Slang

photo : google

Fakta yang mungkin belum kamu ketahui adalah bahwa mata uang ini ternyata sering dijadikan sebagai bahasa slang untuk ke toilet atau kamar mandi. Perlu kamu ketahui juga bahwa, kencing atau buang air kecil di negara Inggris di toilet umum ternyata juga berbayar. Ketentuan ini sudah ada sejak tahun 1851.

Pada saat itu masyarakat Inggris harus membayar sekitar 1 penny atau sekitar 100 pence untuk bisa buang air kecil di toilet umum. Karena ketentuan itu, akhirnya muncullah istilah “spend a penny” dalam bahasa Indonesia menghabiskan satu penny adalah pergi ke toilet.

Itu dia 8 fakta fakta mata uang Inggris atau pound sterling yang mungkin saja belum kamu ketahui. Ternyata ada banyak fakta menarik ya di bali mata uang tertua di dunia ini? Apakah kamu mengetahui fakta lain yang belum disebutkan dalam daftar diatas?

You might also like

Kapan Waktu yang Tepat untuk Memulai Bisnis Online?

Bisnis Reseller – Mungkin anda adalah orang yang saat ini Mempunyai waktu luang dan sedang mencari-cari cara untuk menjadi sebuah pengusaha. Namun, Anda juga bingung karena keadaan modal yang terbatas. Maka jalan keluarnya adalah dengan mencoba bisnis reseller. Pada umumnya, waktu luang yang banyak terkadang menjadi sebuah tantangan tersendiri untuk seseorang. Beberapa orang sebagian akan […]

Musim Hujan, Peluang Bisnis Reseller Jas Hujan Terbuka Lebar

Bisnis Reseller – Memasuki musim penghujan, jas hujan merupakan kelengkapan berkendara yang harus dibawa oleh pengguna sepeda motor. Jas hujan wajib dimiliki oleh siapa saja, apalagi Indonesia merupakan salah satu negara dengan curah hujan yang tinggi. Kebutuhan jas hujan sebagai kelengkapan berkendara bagi pengendara motor sangat penting terutama di musim penghujan saat ini. Hal tersebut […]

Pahami Pola dan Konsep Dalam Menjalankan Bisnis Reseller Online

Saat Anda ingin menjalankan bisnis reseller online, tentu Anda juga perlu memahami pola serta konsep dalam sistem penjualan yang dilakukan secara online. Kini menjadi seorang reseller memang merupakan tren. Anda tentu perlu mengetahui niche apa yang paling laris di pasaran. Anda tentu harus melakukan riset produk secara online. Sebelum Anda mengambil inisiatif untuk bisnis yang […]