Fakta 10 Mata Uang Terendah di Dunia. Ada Rupiah Tidak Ya?

Fakta 10 mata uang terendah di dunia berikut ini akan jadi pengetahuan yang menarik buat kamu. Selain daftar daftarnya yang tidak terduga, kamu juga bisa mengetahui nilai tukar mata uang tersebut. Kebanyakan dari kita hanya mengetahui mata uang tertinggi atau mata uang yang paling banyak digunakan di dunia internasional. Namun tahukah kamu bahwa ada loh mata uang yang nilai tukarnya masuk dalam 10 terendah di dunia.

Ada mata uang dari negara mana saja sih yang masuk dalam 10 mata uang terendah di dunia? Apakah ada rupiah dari Indonesia? Sebelum mengetahui jawabannya kamu harus menyimak penjelasan dibawah ini!

Mata Uang

fakta 10 mata uang terendah di dunia
photo : google

Apa sih mata uang itu? Mata uang adalah satuan harga uang yng telah disetujui oleh pemerintah dan rakyatnya dalam sebuah negara. Setiap negara di dunia memiliki mata uangnya masing masing. Meskipun ada juga negara yang menggunakan mata uang yang sama, seperti di Amerika Serikat, ekuador, Panama dan Kawasan Samudra Hindia Britania.

Mata uang berfungsi sama seperti uang yaitu digunakan untuk alat tukar. Dari setiap mata uang di dunia pasti memiliki nilai tukar yang berbeda beda. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor. Nilai tukar mata uang biasa disebut sebagai kurs. Dimana antara mata uang satu dengan yang lainnya mempunyai kurs yang berbeda dan nilainya fluktuatid di setiap harinya.

Faktor yang Menentukan Nilai Tukar

Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi nilai tukar dari sebuah mata uang. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Tingkat Inflasi. Dalam sebuah negara yang memiliki tingkat kemakmurah yang tinggi, tingkat inflasinya akan cenderung rendah, sehingga menyebabkan nilai tukar uangnya juga akan lebih menguat.
  • Tingkat Suku Bunga. Suku bunga ada kaitannya dengan inflasi. Pemerintah akan menaikkan suku bunga apabila terjadi inflasi. Dari kejadian ini para investor asing akan tertarik untuk kembali melakukan sebuah investasi di negara tersebut. Sehingga nilai tukar mata uang akan kembali stabil.
  • Utang Publik. Faktor ini juga bisa menentukan nilai tukar mata uang di sebuah negara. Negara yang mempunyai utang yang tinggi, mata uangnya akan cenderung melemah.
  • Neraca Perdagangan. Selanjutnya adalah neraca perdagangan. Hal ini didasarkan dari hasil pembayaran kegiatan ekspor dan impor suatu negara. Apabila suatu negara mendapatkan hasil yang lebih besar dari negara partner maka mata uangnya akan menguat.
  • Ekspor dan Impor. Faktor ini bisa menentukan nilai tukar mata uang. Apabila kegiatan ekspor dan impor suatu negara lebih besar maka mata uangnya akan menguat.
  • Kondisi Ekonomi dan Politik. Faktor ini akan berdampak pada nilai tukar mata uang di suatu negara. Hal ini terkait pada investor yang akan melakukan investasi.Para investor akan memilih negara dengan kondisi ekonomi dan politik yang stabil.
  • Kontrol Pemerintah. Dan faktor yang terakhir adalah kontrol pemerintah.

Fakta 10 Mata Uang Terendah di Dunia

Dari berbagai faktor diatas, kita bisa mengetahui kenapa mata uang bisa melemah nilai tukarnya. Selain inflasi, perbedaan suku bunga, ekspektasi, nilai tukar dan lain lainnya bisa mempengaruhi nilai tukar dari sebuah mata uang. Lalu mata uang terendah di dunia ada di negara mana saja ya? Apakah Indonesia juga termasuk di dalamnya? Ini dia jawabannya!

1. Rial Iran (IRR)

photo : google

Mata uang terendah yang pertama di duduki oleh rial dari negara Iran. Negara ini telah devaluasi mata uang sejak tahun 1979. Banyaknya bisnis yang meninggalkan negara ini menjadi salah satu faktornya. Faktor ekonomi dan politik yang tidak pasti akibat adanya perang Irak dan Iran membuat negara ini mendapatkan berbagai sanksi perekonomian dari program nuklir mereka. Hal inilah yang menyebabkan perekonomian negara Iran rusak hingga menyebabkan devaluasi mata uang sebanyak 400%.

Satu dolar AS setara dengan 24.875 rial Iran. Inilah yang membuat mata uang rial menjadi mata uang dengan nilai tukar terendah di dunia.

2. Dong Vietnam (VND)

photo : google

Di urutan nomer dua ada dong dari Vietnam. Sejak awal perilisan atau pertama kali diterbitkan, mata uang ini sudah menjadi mata uang yang paling rendah di seluruh dunia. Mata uang ini pertama kali dikenalkan oleh Pieter Indochina Perancis pada tahun 1946. Salah satu penyebabnya adalah kesulitan secara ekonomi di negara tersebut. Satu dolar AS sama dengan 22.649,95 VND.

3. Franc Guinea (GNF)

photo : google

DI urutan ketiga ada franc dari Guinea. Mata uang dari negara ini menjadi salah satu mata uang terendah di dunia karena tingkat inflasi dan tingkat kemiskinannya yang cukup tinggi. Padahal kenyataannya negara ini memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah seperti emas, berlian, alumunium dan masih banyak lagi. Nilai 1 dolar AS sama dengan 9.512,22 GNF.

4. Rupiah Indonesia (IDR)

photo : google

Selanjutnya ada rupiah dari Indonesia. Siapa sangka mata uang Indonesia masuk dalam daftar mata uang terendah di dunia. Penyebab dari mata uang ini masuk dalam mata uang terendah karena pertumbuhan ekonominya yang masih kurang stabil. Hal ini menjadi salah satu faktor mengapa Indonesia masuk dalam daftar mata uang terendah di dunia. Nilai 1 dolar AS sama dengan Rp 14.526.

5. Rubel Belarusia (BYR)

photo : google

DI urutan ke lima ada rubel dari negara Belarusia. Yang menyebabkan mata uang ini memiliki nilai tukar rendah dan menjadi salah satu mata uang terendah di dunia diakibatkan perang Rusia dan Ukraina yang terjadi sejak 24 Februari 2022. Selain itu pembekuan cadangan devisa di Rusia oleh negara barat serta adanya larangan impor minyak membuat mata uang ini semakin tidak berharga. Nilai 1 dolar AS sama dengan 9.989 rubel.

6. Som Uzbekistan (UZS)

photo : goolge

Lalu ada mata uang som dari negara Uzbekistan. Uzbekistan adalah negara dengan perkonomian yang sangat rendah di dunia. Meskipun pemerintahan setempat telah melakukan berbagai upaya untuk menaikkan mata uang ini, namun sampai saat ini belum ada hasil yang memuaskan. Nilai 1 dolar AS sama dengan 10.779,36 UZS.

7. Bolivar Venezuela (VES)

photo : google

Diurutan ke tujuh ada bolivar dari negara Venezuela. Penyebab mata uang dari negara ini masuk dalam daftar mata uang terendah di dunia karena di negara ini sendiri telah terjadi beberapa kali inflasi. Nilai 1 dolar AS sama dengan 441.700 bolivar.

8. Leone Sierra Leone (SLL)

photo : google

Di urutan ke delapan ada leone dari Sierra Leone. Nilai 1 dolar AS sama dengan 11.122.00 SLL. Hal ini disebabkan oleh perang dan wabah Ebola yang menjadi hambatan negara Sierra Leone untuk memajukan perekonomian negaranya. Negara ini juga masuk dalam salah satu negara termiskin di Afrika.

9. Kip Laos (LAK)

photo : google

Selanjutnya ada kip dari Laos. Meskipun menjadi mata uang terendah di dunia namun mata uang ini bahkan tidak mengalai devaluasi. Pemerintah telah menguahakan untuk meningkatkan mata uang ini secara bertahap, namun hasilnya masih saja masuk dalam nilai terendah di dunia. Untuk 1 dolar AS sama dengan 10.850 LAK.

10. Riel Kamboja (KHR)

photo : google

Dan di urutan terakhir ada riel dari negara Kamboja. Nilai tukar 1 dolar AS sama dengan 4.069 KHR. Namun perlu kamu ketahui bahwa ternyata mata uang ini justru tidak terlalu populer di kalangan masyarakat Kamboja itu sendiri. Mereka lebih menyukai pembayaran dengan mata uang dolar AS atau mata uang lainnya.

itu dia fakta 10 mata uang terendah di dunia. Ternyata Indonesia masuk dalam daftarnya ya?!