1 Tahun Berapa Minggu? Yuk Cari Tahu Jawabannya

1 tahun berapa minggu? Mungkin pertanyaan ini lebih sulit dijawab daripada pertanyaan ada berapa bulan dalam satu tahun atau ada berapa hari dalam satu tahun. Dalam satu tahun terdapat 12 bulan. Dan dalam satu tahun terdapat 365 hari. Tapi untuk pertanyaan 1 tahun berapa minggu mungkin masih perlu dilakukan hitungan untuk menemukan jawabannya.

Karena pembahasan ini merupakan pembahasan yang paling jarang dibicarakan. Lebih sering dibahas seperti ada berapa minggu dalam 1 bulan. Tentu jawabannya adalah 4 minggu, karena dalam 1 bulan terdapat 28-31 hari. Yang mana dalam 1 minggu terdapat 7 hari sehingga dapat dihitung dengan 28 dibagi dengan angka 7 dan memperoleh hasil 4.

Untuk dapat menjawab pertanyaan tersebut, mari kita simak secara sesama pembahasan dan cara hitungnya.

Tahun

1 tahun berapa minggu pngkey

Menurut Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas tahun merupakan periode orbit bumi bergerak dalam orbitnya mengelilingi matahari. Karena adanya kemiringan sumbu bumi, dalam satu tahun akan mengalami bergantian musim, ditandai dengan adanya pergaantian jam pagi, siang, sore, dan malam serta perubahan cuaca yang mana akan memiliki dampak pada kesuburan tanah dan pertumbuhan vegetasi. Daerah beriklim sedang dan subkutub di dunia umumnya memiliki 4 jenis musim yaitu musim semi, musim gugur, musim panas, dan musim dingin. Sedangkan di daerah tropis dan subtropis tidak memiliki perubahan musim yang cukup jelas tetapu umumnya diakui terdapat musim kemarau dan musim penghujan secara tidak menentu.

Istilah tahun juga dipakai dalam waktu yang terkait longgar dengan, tapi tidak identik dengan, tahun kalender atau astronomi, seperti tahun musiman, tahun fiskal, tahun akademik, dan tahun lainnya.

Tahun kalender merupakan perkiraan jumlah hari dari orbit bumi sebagai dihitung dalam kalender tertentu. Terdapat beberapa macam kalender yang berisi jumlah hari yang berbeda-beda pula. Kalender-kalender tersebut antara lain jenis Gregorian atau modern dan Julian. Dalam astronomi tahun julian didefinisikan sebagai satuan waktu.

Dapat juga berarti periode orbit planet-planet yang ada di tata surya. Misal tahun Venus, tahun Mars, dan lain-lain. Tahun tersebut merupakan waktu yang digunakan planet untuk satu transit orbit lengkap.

Tahun dapat dibedekan menjadi beberapa jenis seperti tahun masehi, tahun kabisat, dan tahun hijriyah.

Tahun Masehi

Tahun masehi juga sering disebut sebagai Anno Domini (AD). Merupakan titik acuan sistem penanaggalan yang dihitung dari kelahiran Nabi Isa Al-Masih yang dikenal oleh umat muslim dan sebagai Yesus Kristus yang dikenal oleh umat Kristiani. Tahun ini merupakan tahun yang biasa kita jalani. Yang dimulai setiap 1 Januari yang menjadi perayaan tahun baru bagi hampir seluruh umat di dunia. Yang dirayakan ditanggal 31 Desember malam hari hingga pagi hari.

Sistem dari tahun ini disebut juga dengan kalender Gregorius. Yang pembuatannya diacukan pada kalender Julius dengan berpatok pada rotasi bumi terhadap matahari. Dalam kalender ini satu tahunnya memiliki 12 bulan atau 365 hari dan terdapat penambahan 1 hari pada bulan Februari tiap 4 tahun sekali yang dihitung pada kalender tahun kabisat.

Tahun Kabisat

Tahun kabisat merupakan tahun yang memiliki jumlah hari 366. Yaitu sama dengan kalender Julian. Jumlah hari ini merupakan lawanan dari jumlah hari yang umumnya diketahui kita yaitu 365 hari. Tambahan 1 hari dalam tahun kabisat ini digunakan untuk menyesuaikan penanggalan dengan tahun astronomi.

Dalam satu tahun memang sebenarnya tidak genap 365 hari persis. Namun memiliki lebih 5 jam 48 menit 45,1814 detik. Dan jika sisa tersebut dihiraukan maka dalam satu tahun akan selalu mengalami kekurangan 1 hari atau lebih akuratnya yaitu 23 jam 15 menit 0,7256 detik. Meskipun sebenarnya penambahan tersebut disebut masih kurang akurat, sehingga di tahun-tahun yang dapat dibagi dengan angka 100, itu dianggap sebagai tahun bukan kabisat. kecuali tahun yang bisa dibagi dengan angka 400.

Tahun Hijriyah

Tahun hijriyah merupakan tahun yang digunakan oleh umat muslim. Perhitungannya dimulai pada saat Nabi Muhammad SAW dan para umatnya berimigrasi dari Mekah ke Madinah. Yaitu pada tahun baru hijriyah 622 masehi. Jumlah hari dalam tahun hijriyah hanya terdapat 354 hari. Hal ini dikarenakan sebuah hari dimulai ketika terbenamnya matahari di tempat tersebut.

Kalender hijriyah ini dibangun berdasarkan siklus sinodik yang memiliki jumlah bulan 12 dalam satu tahunnya. Dan dari perhitungan siklus sinodik tersebut jumlah harinya dapat dihitung seperti 12 x 29,53059 hari = 354,36708 hari. Dari hitungan inilah yang menyebabkan jumlah hari dalam tahun hijriyah hanya ada 354 hari yang mana memiliki beda sampai 11 hari dengan jumlah hari pada tahun yang biasanya kita anut.

Minggu

1 tahun berapa minggu pngtree

Minggu menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) memiliki 2 arti yang berbeda. Arti yang pertama yakni istilah minggu yang huruf depannya ditulis menggunakan huruf kecil karena memiliki pengertian sebagai jangka waktu yang memiliki jumlah 7 hari. Dan arti lainnya yaitu sebagai nama hari yang dianggap sebagai hari pertama dalam satu minggu. Istilah yang ini ditulis menggunakan huruf kapital pada huruf awalnya. Yang mana nama hari lainnya yaitu Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, dan Sabtu. Istilah minggu ini juga memiliki persamaan yang juga umum disebut oleh kebanyakan orang yaitu “pekan”.

Seperti yang dijelaskan dalam pembukaan bahwa dalam satu bulan terdapat 4 minggu. Dengan hitungan jumlah hari dalam satu bulan dibagi dengan 7 (jumlah hari dalam satu minggu) dan diperoleh hasil 4 tersebut. Jadi untuk itu apakah dalam satu tahun terdapat 48 minggu? Hasil ini diperoleh dari hitungan 4 (jumlah minggu dalam 1 bulan) dikalikan dengan 12 (jumlah bulan dalam satu tahun). Berikut jawaban yang sesungguhnya:

1 Tahun Berapa Minggu

Setelah mengetahui pengertian dan penjelasan mengenai tahun dan minggu, untuk menemukan jawaban dari pertanyaan 1 tahun berapa minggu, mari kita jawab dalam pembahasan berikut ini.

Telah diungkapkan diawal bahwa tahun memiliki beberapa jenis, yaitu tahun masehi, tahun kabisat, dan hijriyah. Sehingga jumlah minggu dalam tiap jenis tahun tersebut tentu juga berbeda pula karena tiap jenisnya memiliki total hari yang berbeda. Untuk itu kita dapat membedakannya pula dalam beberapa jenis, untuk mengetahui masing-masing jumlah bulan dalam satu tahun dengan beberapa tipe.

Tahun Masehi

Karena telah disebutkan diawal bahwa tahun masehi memiliki jumlah hari sebanyak 365. Oleh karena itu dapat kita hitung sebagai berikut:

Hari dalam satu tahun= 365 hari

1 minggu terdapat = 7 hari

365 : 7= 52.1….

Diperoleh hasil 52.1.., maka dapat dikatakan bahwa dalam satu tahun masehi terdapat 52 minggu lebih 1 hari.

Tahun Kabisat

Dari pembahasan diatas, tahun ini memiliki jumlah hari sebanyak 366. Yang mana dapat dihitung dengan hitungan sebagai berikut:

Hari dalam satu tahun= 366 hari

1 minggu terdapat= 7 hari

366 : 7= 52,28…

Yang mana dari hasil 52,28… dibulatkan menjadi 52,3 dan berarti bahwa dalam tahun kabisat ini memiliki jumlah 52 minggu 3 hari.

Tahun Hijriyah 

Sesuai penjelasan sebelumnya, tahun hijriyah memiliki perbedaaan 11 hari dengan jumlah hari yang umumnya kita ketahui, yaitu berjumlah 354. Dengan itu dapat dihitung sebagai berikut:

Hari dalam satu tahun= 354

1 minggu terdapat= 7 hari

354 : 7= 50,57…

Hasil 50,57… tersebut dibulatkan menjadi 50,6 yang berarti bahwa dalam satu tahun hijriyah terdapat 50 minggu 6 hari.