Kesalahan Membangun Bisnis

Ide Jualan -Membangun bisnis bukan hanya harus memerlukan modal yang besar agar bisnisnya sukses, namun ada beberapa hal lain yang dapat menunjang kesuksesan bisnis yang Anda jalani. Beberapa orang menganggap modal adalah faktor utamanya sehingga dia menganggap sepele dengan kesalahan – kesalahan kecil di bisnisnya.

Kesalahan kecil yang Anda anggap sepele tersebut yaitu:

1. Perencanaan yang kurang matang 

Perencanaan merupakan hal dasar yang perlu dirancang untuk memulai sebuah usaha. Dengan perencanaan yang matang, pengusaha dapat mengambil keputusan dan mengatasi masalah dengan cepat. Untuk awal, biasanya perencanaan usaha dibuat dengan sederhana dan matang agar mudah diterapkan. Dengan adanya perencaan, pengusaha tidak akan mudah goyah ketika diterpa suatu hambatan dan tantangan bisnis. Perencanaan dimulai dengan menentukan visi dan misi usaha, dan menggali lebih dalam mengenai usaha yang akan digeluti seperti melakukan survei langsung ke pasar, jika anda akan menggeluti dunia usaha berbasis online anda dapat mensurvei beberapa usaha-usaha online yang sudah berjalan.

2. Tidak Memiliki Tujuan Bisnis

Tujuan bisnis sangat penting untuk keberlangsungan bisnis itu sendiri. Tanpa tujuan, Anda dapat mudah merasa malas atau bosan untuk melanjutkan bisnis, yang mengakibatkan bisnis menemui jalan akhirnya. Karena itu, Anda perlu memiliki tujuan yang kuat untuk memulai bisnis, dan alasan untuk mempertahankan bisnis untuk jangka panjang.

3. Tidak Pandai Mengelola Keuangan

Hal terpenting lainnya yang dapat menyebabkan bisnis tidak berkembang adalah minimnya pengetahuan mengenai pengelolaan keuangan usaha. Pengelolaan keuangan dapat dimulai dari mencatat setiap transaksi yang dilakukan seperti pemasukan, pengeluaran hingga menghasilkan laporan keuangan. Dengan menggunakan laporan keuangan tersebut, seorang pengusaha dapat mengambil keputusan-keputusan agar bisnis / usaha dapat terus berjalan.

4. Tidak melakukan Inovasi Bisnis

Berkembangnya teknologi mendorong para pengusaha yang menggeluti usaha offline untuk berbondong-bondong melakukan inovasi-inovasi agar produk yang mereka jual tetap eksis dipasaran. Untuk pengusaha yang tidak pandai membaca tren maka lama kelamaan usaha yang mereka pretahankan dapat mengalami gulung tikar.

5. Tidak Adanya Target

Target / tujuan merupakan hal yang utama dalam menjalankan suatu usaha, karena tanpa target kita tidak dapat menentukan arah dan akan kebingungan dalam menentukan pekerjaan. Dengan adanya target kita dapat mengambil langkah untuk memastikan semua terukur dan pasti. Biasanya target yang dibuat dalam sebuah usaha adalah target penjualan, omset, profit dan lain sebagainya.

6. Tidak dapat menerima kritik dan saran

Kritik dan saran sangat penting dalam bisnis karena Anda dapat menggunakannya untuk memperbaiki produk dan/atau jasa yang Anda berikan pada konsumen. Tidak mendengarkannya menandakan jika Anda pebisnis yang sombong dan tidak mau berusaha untuk memperbaiki produk/jasa sesuai dengan permintaan pasar. Namun, terlalu banyak menerima masukan juga dapat menyebabkan bisnis Anda goyah karena tidak memiliki pendirian yang kuat.

7. Tidak memerhatikan kebutuhan konsumen

Faktanya, produk dan/jasa Anda ada untuk konsumen. Maka, Anda harus mengetahui dengan jelas sosok konsumen Anda. Mulai dari kebiasaan dan perilakunya, tren yang sedang diminati, hingga kebutuhan konsumen. Membuat produk atau jasa hanya sesuai kemauan Anda tidak akan membuat konsumen tertarik karena belum tentu barang/jasa tersebut sesuai dengan kebutuhan mereka. Ini dapat mengakibatkan produk atau jasa menjadi tidak laris, dan membawa bisnis menuju kebangkrutan.

8. Tidak memiliki relasi atau jaringan bisnis

Kenyataannya, Anda memerlukan relasi atau jaringan bisnis yang luas untuk membantu bisnis Anda berkembang. Relasi ini dapat berupa konsumen, ahli industri, supplier, maupun influencer. Adanya bantuan jaringan bisnis yang luas dapat membantu bisnis Anda dikenal banyak orang sehingga dapat berkembang pesat.

Bagaimana, apakah Anda sudah siap untuk menjalankan bisnis dropship tanpa modal? Namun, sebelum Anda memulai bisnis yang satu ini, tentu Anda harus menentukan produk jualan dan menemukan supplier yang tepat. Dengan bergabung bersama idejualan.com, dropshipper atau reseller bisa bertemu dengan banyak supplier terpercaya yang menjual produk – produk berkualitas. Selain itu, para reseller dan dropshipper juga akan mendapatkan berbagai dukungan untuk mengembangkan bisnis mereka. Yuk, Daftar Sekarang dengan hubungi kontak person kami!

You might also like

Bingung Memulai Usaha Karena Modal? Yuk Kenali Pemasaran Bisnis Dropship Berikut

Jika Anda ingin merintis bisnis namun memiliki keterbatasan modal, bisnis dropship bisa menjadi salah satu alternatifnya. Dropship merupakan salah satu jenis bisnis yang relatif minim modal dan siapun boleh dan bisa melakukannya. Dalam sistem penjualan, penjual atau dropshipper hanya bertugas untuk memasarkan serta menjual barang milik supllier tanpa harus membelinya terlebih dahulu (melakukan stok barang). […]

✓ 10 Fakta Uang 75 Ribu Rupiah, Cari Tahu Keunikannya

Uang 75 ribu rupiah ini sempat viral dan menjadi pembahasan disetiap kegiatan saat setelah waktu terbitnya. Terbitnya uang 75 ribu ini dulu untuk memperingati dirgahayu Indonesia. Namun, tau nggak sih kalau ada fakta-fakta unik yang ada dibalik dicetaknya uang senilai 75 ribu tersebut? Simak lebih lanjut ya buat nemuin jawabannya. 1. Uang 75 Ribu Sah […]

Wujudkan Impian Hasilkan Keuntungan dan Jalankan Bisnis Ringan

Bisnis Dropship – Di tengah canggihnya teknologi yang sangat berkembang pesat pada saat ini untuk memperoleh penghasilan lebih dari bisnis online bukanlah suatu angan-angan belaka. Walaupun, memang ketika Anda memulai sebuah bisnis apa saja tentu akan memerlukan kerja keras ekstra. Tetapi, terdapat sebagian besar orang yang telah melakukan bisnis yang satu ini dan tentu saja […]